Efektivitas creative problem solving berbantuan video dan geogebra ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar

Indah Dwi Lestari, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Indonesia
Ali Mahmudi, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran CPS berbantuan video pembelajaran dan GeoGebra ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian quasi exp erimen ini menggunakan pretest-posttest group design  dengan sampel siswa kelas VIII salah satu SMP di Kabupaten Sleman. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CPS berbantuan video pembelajaran dan GeoGebra, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran CPS. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif, angket minat belajar dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Statistik uji yang digunakan yaitu One Sample T-Test dan Independent Sample T-Test dengan taraf signifikansi 5% menggunakan IBM SPSS Statistic versi 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran CPS berbantuan video pembelajaran dan GeoGebra efektif baik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif maupun minat belajar siswa, sedangkan model pembelajaran CPS efektif hanya ditinjau dari minat belajar siswa. Model pembelajaran CPS berbantuan video pembelajaran dan GeoGebra lebih efektif dari model pembelajaran CPS baik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif maupun minat belajar.

 

Kata kunci: CPS, video, GeoGebra, kreatif, minat

Full Text:

PDF

References


Bu, L., & Haciomeroglu, E. S. (2010). GeoGebra in mathematics teacher education: In case of quadratic relations. MSOR Connections, 10(1), 1-9. Retrieved from https://www.heacademy.ac.uk/system/files/msor.10.1c.pdf

Ginting, E. B., Purwanto, S. E. & Faradillah, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving (cps) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jurnal Gammath, 4 (1).

Hoffer. (1981). Geometry is more than proof. NCTM Journal, 74(1): 11 – 18.

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and calculus with free dynamic mathematics software GeoGebra. Paper presented at the 11th International Congress on Mathematical Education, January in Monterrey, Mexico.

Hudanagara, M. A., & Anita, I. W. (2018). Analisis kesulitan yang dialami siswa smp pada kemampuan berpikir kreatif matematis pokok bahasan segitiga dan segiempat. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1): 14. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.940

IEA. (2000). TIMSS 1999 international mathematics report: finding of iea's trends in international mathematics and science study at the fourth and eight grades. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College.

IEA. (2004). TIMSS 2003 international mathematics report: finding of iea's trends in international mathematics and science study at the fourth and eight grades. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College.

IEA. (2008). TIMSS 2007 international mathematics report: finding of iea's trends in international mathematics and science study at the fourth and eight grades. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College.

IEA. (2012). TIMSS 2011 International report in mathematics. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College.

IEA. (2016). TIMSS 2011 International report in mathematics. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College.

Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Penerapan media video dan animasi pada materi memvakum dan mengisi refrigeran terhadap hasil belajar siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 8. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3731

Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan geometri dengan program GeoGebra. Paper presented at the Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia. From https://eprints.uny.ac.id/10483/

Malisa, S., Bakti, I., & Iriani, R. (2018). Model pembelajaran creative problem solving (cps) untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Vidya Karya, 33(1): 1. https://doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5388

National Education Association. (2010). Preparing 21st century students for a global society: An educators guide to the “Four Cs”. From https://thinkcreatesharegrow.weebly.com/guide-to-the-4cs---nea.html

Nurhasanah, S. & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1): 128-135 from http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta. I. N. (2020). Pengaruh model creative problem solving (cps) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari minat. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(1): 168-179. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2644

Pepkin, K. L. (2003). Creative problem solving in math. From https://uh.edu/honors/Programs-Minors/honors-and-the-schools/houston-teachers-institute/curriculum-units/pdfs/2000/articulating-the-creative-experience/pepkin-00-creativity.pdf

Permendikbud RI 2014 No. 58 Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Rolia, Rosmaiyadi, Husna, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi program linier kelas XI SMK. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1): 72-82

Setiyani, N. (2016). Efektivitas pembelajaran matematika dengan model CPS (Creative Problem Solving) berbantuan GeoGebra ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP PGRI Tegalsari kabupaten purworejo. Tesis S1. Universits Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Siswono, T. Y. E. (2014). Developing teacher performances to improving students creative thinking capabilities in mathematics. Paper presented at the International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences 2014 (ICRIEMS 2014) in Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, N. (2006). Penilaian proses hasil belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugandi, A. I., et al. (2021). Efektivitas pendekatan induktif deduktif berbantuan geogebra terhadap peningkatan kemampuan beripikir kreatif siswa pada masa pandemi. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1): 367-376.

Tarida, L. (2021). Efektivitas penggunaan video pembelajaran berbasis geogebra terhadap kemampuan taruna/I dalam memahami aplikasi matematika maritim. Jurnal Saintara, 5(2): 45-50.

Udayani, I. D. A. T., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Model creative problem solving terhadap minat belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4(2): 284-293.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i2.18690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pedagogi Matematika




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia