PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JANGKIT PESERTA DIDIK SMKN 2 PURWOREJO MELALUI LOMPAT RITMIK

Sugiyanto Sugiyanto, SMK Negeri 2 Purworejo, Indonesia
Ria Lumintuarso, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui metode lompat berirama (lompat ritmik) dapat meningkatkan hasil belajar lompat jangkit, dan (2) mencari bukti-bukti bahwa metode lompat ritmik dapat meningkatkan hasil belajar lompat jangkit peserta didik kelas XI AK. 4 (akuntansi 4) SMK Negeri 2 Purworejo. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas XI AK 4 SMK Negeri 2 Purworejo semester kedua tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus, yang masing-masing terdiri dari tiga kali, dua kali, dan dua kali pertemuan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan mengkomparasikan data siklus I dengan siklus-siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode lompat ritmik meningkatkan hasil belajar lompat jangkit peserta didik kelas XI AK 4 SMK Negeri 2 Purworejo. Pada akhir siklus ketiga dicapai rata-rata nilai aspek spiritual sebesar 83,85, aspek sosial sebesar 96,00, aspek pengetahuan sebesar 70,484 dan aspek keterampilan sebesar 95,17. Peningkatan dampak penyerta berupa peningkatan aktivitas peserta didik, dan guru, dan keefektifan penggunaan alat/media.

Kata Kunci: 

 

IMPROVING THE LEARNING OUTCOMES IN TRIPLE JUMP STUDENTS OF SMKN 2 PURWOREJO, THROUGH THE JUMP RHYTHM

Abstract

This study aims to: (1) reveal whether the rhythmic jump method can improve the learning outcomes, and (2) discover the evidence that the rhythmic jump method can improve the learning outcomes in triple jump of XI AK. 4 SMK Negeri 2 Purworejo.This research is classroom action research (CAR). The subject was 31 students of class XI of the Accounting Departement of SMK Negeri 2 Purworejo in 2013/2014 in second semester. This classroom action research consisted of three cycles, each consisting of three, two, and two meetings subsequently.The data collection was performed by two collaborators and a cameraman using a handycam. The data analysis used the descriptive statistics by comparing the data in cycles I, II, and III. The results showed that the rhythmic jump method improves the learning outcomes of the students of class XI AK 4 SMK Negeri 2 Purworejo. In the third cycle, the average score of the spiritual aspect is 83.85, the social aspect 96.00, knowledge aspects 70.484 and skill aspect 95.17. The increasing impact of a concomitant increase is in the activity of the students, and teachers, and the effectiveness of the use of tools/media.

Keywords : rhythmic jump method (rhythmic), triple jump

Keywords


metode lompat ritmik (berirama); lompat jangkit

Full Text:

PDF

References


Berk, Laura E. (2006). Development through the lifespan. US America: Illiois State Univercity.

Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 70, Tahun 2013, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

IAAF. (2007). Competition rules 2006-2007. Jakarta: PB. PASI.

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlit pemula, pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat. Yogyakarta: UNY PRESS.

Merta et.al. (18 Oktober 2013). Pengaruh pelatihan lari kijang dengan beban terhadap prestasi lompat jangkit ditinjau dari power otot tungkai. Diambil pada tanggal 04 Juli 2013 dari http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/566.

Mertler. (2009). Action research, teachers as researchers in the classroom, second edition. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore: SAGE Publications, Inc.

Mulyatiningsih. (2011). Riset terapan, bidang pendidikan dan teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Prastowo. (2011). Memahami metode-metode penelitian, suatu tinjauan teoritis & praktis. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Suharjana. (2010). Aktivitas ritmik dalam pendidikan jasmani di sekolah dasar (versi elektronik). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, ISSN 0216-1699.

Suharjana. (2013). Kebugaran jasmani. Yogyakarta: Jogja Global Media.

Sukadiyanto. (2005). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Yogyakarta: FIK, UNY.

Staf Sekretariat IAAF-RDC. (2001). Pendidikan pelatihan dan sistem sertifikasi kurikulum level I/II, event lompat. Jakarta: IAAF-RDC.

Stoica, Marius. (12 Oktober 2013). The improvement of triple jump technique using e-training methods. Diambil pada tanggal 6 Februari 2014 dari http://search.proquest.com/docview/1440019737/8AA5F4909032497EPQ/1?accountid=31324




DOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v1i1.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 JURNAL PEDAGOGI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.


View My Stats