Menelusuri hambatan pembelajaran akuatik di sekolah menengah: Studi kasus di SMA N 1 Prambanan
Herka Maya Jatmika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami dalam pembelajaran akuatik di SMA N 1 Prambanan, Klaten dan opini mereka dalam menghadapi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus yaitu mendalami satu kasus atau beberapa kasus secara mendalam untuk memahami fenomena tertentu secara menyeluruh. Partisipan dalam penelitian ini ada 3 orang guru PJOK di SMA N 1 Prambanan. Data dikumpulkan dengan terstruktur dan tidak terstruktur yaitu dengan cara wawancara secara langsung. Hasil wawancara akan direkam dan ditranskrip dengan alat bantu aplikasi. Instrumen penelitian adalah peniliti itu sendiri akan tetapi dalam menjadi instrumen peneliti menggunakan protokol wawancara sebagai alat bantu. Teknik analisi data dilakukan secara kualitatif dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyajikan penarikan kesimpulan pembelajaran akuatik di sekolah. Penarikan kesimpulan ini menggambarkan bahwa pembelajaran yang berlangsung mengalami kendala yang meliputi (1) pelaksanaan pembelajaran, (2) tujuan pembelajaran, (3) kendala dalam pembelajaran, (4) dukungan, (lebih detail lagi. Kelemahan Peneliti tidak mengambil data dari kepala sekolah.
Keywords
kendala pembelajaran akuatik, pendidikan jasmani olahraga kesehatan, studi kasus, sekolah menengah atas
Full Text:
FULLTEXT PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v6i2.24845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ari Riyadianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.

