Pengembangan model pembelajaran kolary untuk permainan bolabasket di sekolah menengah atas

Abdul Aziz Purnomo Shidiq, Sekolah Dasar IT Al-Ihsan, Indonesia
Yustinus Sukarmin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rahmawati Al Adha Nikmah, Shanghai University of Sport, China

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran kolary untuk permainan bolabasket di SMA. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik sekolah menengah atas kelas X. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 32 peserta didik SMA N 1 Kartasura, dan 30 peserta didik SMA N 2 Sukoharjo. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 32 peserta didik SMA N 1 Boyolali, 33 peserta didik SMA N 1 Banyudono, dan 36 peserta didik SMA N 2 Boyolali. Uji keefektifan dilakukan terhadap  32 peserta didik SMA N 7 Surakarta. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) pedoman observasi pembelajaran, dan (3) GPAI. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran kolary untuk permainan bolabasket di SMA. Dari hasil penilaian para ahli dan praktisi, model pembelajaran kolary memiliki validitas 0,988 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kolary yang disusun dapat meningkatkan keterampilan dribbling, passing, dan shooting dan aspek afektif yang terdiri atas kerja sama, disiplin, dan sportif. Di samping itu, model pembelajaran kolary juga sangat sesuai dengan karakteristik, pertumbuhan, dan perkembangan peserta didik serta mampu membuat peserta didik lebih mudah untuk mempelajari teknik dasar permainan bolabasket di SMA.

 

Developing Kolary instructional model for basketball games in senior high school

 

Abstract: This study aims to produce the Kolary instructional model for basketball games in senior high school. The approach taken in this study was research and development. The subjects were the tenth grade of high school. The preliminary field test was conducted on 32 students of the X grade in SMA N 1 Kartasura and 30 students of the X grade students of SMA N 2 Sukoharjo. The preliminary field test was conducted on 32 students of SMA N 1 Boyolali, 33 students of SMA Negeri 1 Banyudono, and 36 students of SMA N 2 Boyolali. The evaluation of the effectiveness was conducted on 32 students of SMA N 7 Surakarta. The data collection instruments used were: (1) interview, (2) observation learning guide, and (3) GPAI. The data were analyzed using quantitative descriptive analysis and qualitative descriptive analysis. The result of this research was a learning model Kolar for the game of basketball in high school. From the assessment results, experts' and practitioners' learning model Kolary has a validity of 0,988. It could be concluded that the learning model Kolary was drafted to improve the skills of dribbling, passing, and shooting and affective aspects consisting of cooperation, discipline, and sportsmanship. The learning models Kolar in accordance with the characteristics and growth and development of students, and students are able to make it easier to learn the basic techniques of basketball in high school.


Keywords


model pembelajaran; Kolary; bolabasket; SMA

Full Text:

Fulltext PDF

References


Agustiani, H. (2006). Psikologi perkembangan: Pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuain diri pada remaja. Bandung: PT Refika Aditama.

Bloom, B. S., etc. (1956). Taxonomy of educational objectives: the classification of educational goals, handbook cognitive domain. New York: Longmans, Green and Co.

Dimyati. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwiyogo, W. D. (2004). Konsep penelitian dan pengembangan. Malang: Lemlit UM.

Febrianta, Y., & Sukoco, P. (2013). Upaya peningkatan pembelajaran permainan bolabasket melalui metode pendekatan taktik siswa SMPN 2 Pandak Bantul. Jurnal Keolahragaan, 1(2), 186 - 196. doi:https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.2574

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2008). Theories of learning (teori belajar). Terjemahan Tri Wibowo B.S. Vol 7. Jakarta: Kencana.

Rosdiani. D. (2012). Perencanaan pembelajaran dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rumini, S., dkk. (1995). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumiyarsono, D. (2002). Ketrampilan bolabasket. Yogyakarta: FIK UNY.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v4i1.19243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdul Aziz Purnomo Shidiq, Yustinus Sukarmin, Rahmawati Al Adha Nikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.


View My Stats