EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA SMP KELAS VIII
Sugiman ., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan Pendidikan Matematika Realistik
dan mengetahui apakah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik lebih efektif dibandingkan dengan
pembelajaran langsung ditinjau dari pencapaian peningkatan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP
Negeri 4 Sleman pada pembelajaran bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh
siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman. Sampel penelitian diambil secara acak terdiri dari dua kelas, yaitu
kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan pembelajaran pendekatan Pendidikan
Matematika Realistik dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakukan pembelajaran
langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan
pemahaman konsep yang terdiri dari soal pretest dan posttest, serta instrumen non-tes berupa lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data menggunakan statistik uji One Sample t-Test dan
Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 5% pada data skor gain. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan pembelajaran langsung efektif, namun pendekatan
Pendidikan Matematika Realistik lebih efektif dibandingkan pembelajaran langsung ditinjau dari pencapaian
peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman.
Kata kunci: Pendidikan Matematika Realistik, pemahaman konsep, pembelajaran langsung
dan mengetahui apakah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik lebih efektif dibandingkan dengan
pembelajaran langsung ditinjau dari pencapaian peningkatan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP
Negeri 4 Sleman pada pembelajaran bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh
siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman. Sampel penelitian diambil secara acak terdiri dari dua kelas, yaitu
kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan pembelajaran pendekatan Pendidikan
Matematika Realistik dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakukan pembelajaran
langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan
pemahaman konsep yang terdiri dari soal pretest dan posttest, serta instrumen non-tes berupa lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data menggunakan statistik uji One Sample t-Test dan
Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 5% pada data skor gain. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan pembelajaran langsung efektif, namun pendekatan
Pendidikan Matematika Realistik lebih efektif dibandingkan pembelajaran langsung ditinjau dari pencapaian
peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman.
Kata kunci: Pendidikan Matematika Realistik, pemahaman konsep, pembelajaran langsung
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i5.7801
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia