EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK DITINJAU DARI KEYAKINAN SISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR

Febrina Rizki Dwiyana, , Indonesia
Djamilah Bondan Widjajanti, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk ditinjau dari: (1) keyakinan siswa terhadap matematika; dan (2) prestasi belajar siswa. Pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk adalah pembelajaran yang memanfaatkan kecerdasan siswa untuk membantu pembelajaran secara optimal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Yogyakarta dan sampelnya adalah kelas VII-F yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan adalah angket keyakinan siswa terhadap matematika dan soal pretest-posttest. Pembelajaran dikatakan efektif jika: (1) rata-rata skor keyakinan akhir lebih dari rata-rata skor keyakinan awal dan rata-rata skor keyakinan akhir minimal mencapai kategori tinggi; dan (2) rata-rata nilai posttest lebih dari rata-rata nilai pretest dan proporsi siswa yang memperoleh nilai minimal kategori baik lebih dari
. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikansi
menunjukan bahwa pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk efektif ditinjau dari: (1) keyakinan siswa terhadap matematika; dan (2) prestasi belajar siswa.
Kata kunci: efektivitas pembelajaran, kecerdasan majemuk, keyakinan siswa terhadap matematika, prestasi belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i5.7799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia