PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP

Diah Ayu Indraningtias, , Indonesia
Ariyadi Wijaya, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan
efektif. Perangkat pembelajaran ini memuat materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar penilaian perangkat
pembelajaran untuk mengukur kevalidan, angket respon guru, angket respon siswa, lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan tes kemampuan berpikir kritis untuk mengukur
keefektifan. Perangkat pembelajaran dikatakan valid dan praktis jika minimal memenuhi kriteria baik (skor ratarata
lebih dari 3,40) dan persentase keterlaksanaan pembelajaran minimal 70%, sedangkan dikatakan efektif jika
persentase ketuntasan siswa lebih dari 60%. Perangkat pembelajaran diimplementasikan di SMP Negeri 1 Semin
dengan objek penelitian siswa kelas VIII A. Penelitian ini menghasilkan satu set perangkat pembelajaran berupa
RPP dan LKS untuk lima pertemuan. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,31
untuk RPP dan 4,33 untuk LKS dari skor maksimal 5,00. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis
dengan skor rata-rata 4,94 untuk angket respon guru dan 4,36 untuk angket respon siswa dari skor maksimal 5,00,
sedangkan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,43 %. Perangkat pembelajaran memenuhi
kriteria efektif dengan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 64,52 %.
Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan matematika realistik, kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i5.7796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia