EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT DITINJAU DARI PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Anisa Safitri, , Indonesia
Ali Mahmudi, , Indonesia

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguji  efektivitas  pembelajaran  kontekstual  dengan  strategi
REACT  dan pembelajaran saintifik ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas
VII di MTs Negeri 1 Sragen.
Penelitian  ini  merupakan  quasi  experiment  dengan  desain  penelitian  pretest-posttest  group
design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII  MTs  Negeri 1 Sragen sebanyak 10 kelas dengan total
364 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII F dengan
38  siswa  yang  mendapatkan  perlakuan  dengan  menggunakan  pembelajaran  saintifik  sebagai  kelas
kontrol dan kelas VII G dengan 37 siswa yang mendapatkan perlakuan menggunakan pembelajaran
kontekstual  dengan  strategi  REACT  sebagai  kelas  eksperimen.  Instrumen  yang  digunakan  dalam
penelitian ini adalah intrumen tes untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa, angket motivasi
belajar,  dan  lembar  observasi  keterlaksanaan  pembelajaran.  Data  dianalisis  menggunakan  dua  cara
yakni: 1) one sample t-test digunakan untuk menyelidiki Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan
Strategi  REACT  dan  Pembelajaran  Saintifik;  dan  2)  Multivariate  Analysis  of  Variance  (Manova),
digunakan untuk menyelidiki perbedaan Efektivitas Antara Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi
REACT dan Pembelajaran Saintifik.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  (1)  pembelajaran  kontekstual  dengan  strategi  REACT
efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen,
(2) pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII
di  MTs  Negeri  1  Sragen.  (3)  tidak  terdapat  perbedaan  signifikan  antara  pembelajaran  kontekstual
dengan  strategi  REACT  dan  pembelajaran  saintifik  ditinjau  dari  prestasi  dan  motivasi  belajar
matematika siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen.
Kata  Kunci:  Pembelajaran  Kontekstual, Strategi  REACT,  Pembelajaran  Saintifik,  Prestasi  Belajar,
Motivasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i4.6973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia