PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TURUNAN UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER II
Atmini Dhoruri Atmini Dhoruri, , Indonesia
Abstract
change-newline"> Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran (RPP dan LKS) dengan pendekatan
saintifik pada materi turunan untuk siswa SMA kelas XI dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran dari
aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang
terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid karena hasil penilaian memenuhi klasifikasi minimal
baik. Penilaian RPP mendapatkan skor rata-rata 4,43 dengan klasifikasi “Sangat Baik”, sedangkan penilaian LKS
mendapatkan skor rata-rata 4,1 dengan klasifikasi “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil analisis data angket respon
guru dan angket respon siswa, perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena memenuhi klasifikasi minimal
baik. Hasil angket respon guru terhadap penggunaan RPP dan LKS mendapatkan skor rata-rata 3,25 dengan
klasifikasi “Baik” dan angket respon siswa terhadap penggunaan LKS mendapatkan skor rata-rata 3,2 dengan
klasifikasi “Baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif digunakan karena persentase ketuntasan klasikal siswa
mencapai 84,62%.
saintifik pada materi turunan untuk siswa SMA kelas XI dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran dari
aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang
terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid karena hasil penilaian memenuhi klasifikasi minimal
baik. Penilaian RPP mendapatkan skor rata-rata 4,43 dengan klasifikasi “Sangat Baik”, sedangkan penilaian LKS
mendapatkan skor rata-rata 4,1 dengan klasifikasi “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil analisis data angket respon
guru dan angket respon siswa, perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena memenuhi klasifikasi minimal
baik. Hasil angket respon guru terhadap penggunaan RPP dan LKS mendapatkan skor rata-rata 3,25 dengan
klasifikasi “Baik” dan angket respon siswa terhadap penggunaan LKS mendapatkan skor rata-rata 3,2 dengan
klasifikasi “Baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif digunakan karena persentase ketuntasan klasikal siswa
mencapai 84,62%.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i1.678
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia