EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE TS-TS (TWO STAY – TWO STRAY) DITINJAU DARI KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 DEPOK SLEMAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2016/2017
Rusgianto Hari Santosa, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay – Two Stray) ditinjau dari keaktifan dan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan
menggunakan penelitian quasi experiment. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretestposttest nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Depok Sleman
dengan populasi seluruh siswa kelas IX yang terdiri dari 4 kelas. Dari populasi tersebut dipilih dua kelas
secara acak sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk pengumpulan data digunakan angket
keaktifan siswa, tes kemampuan komunikasi siswa, dan lembar observasi pembelajaran. Data penelitian
dianalisis deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran dengan
model kooperatif tipe TS-TS (Two Stay – Two Stray) efektif ditinjau dari keaktifan dan kemampuan
komunikasi matematis siswa; 2) pembelajaran dengan model konvensional ditinjau dari keaktifan dan
kemampuan komunikasi matematis siswa; 3) pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TS-TS
(Two Stay – Two Stray) sama efektifnya dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari keaktifan
siswa, namun lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan
komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: TS-TS, keaktifan siswa, kemampuan komunikasi matematis siswa
menggunakan penelitian quasi experiment. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretestposttest nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Depok Sleman
dengan populasi seluruh siswa kelas IX yang terdiri dari 4 kelas. Dari populasi tersebut dipilih dua kelas
secara acak sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk pengumpulan data digunakan angket
keaktifan siswa, tes kemampuan komunikasi siswa, dan lembar observasi pembelajaran. Data penelitian
dianalisis deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran dengan
model kooperatif tipe TS-TS (Two Stay – Two Stray) efektif ditinjau dari keaktifan dan kemampuan
komunikasi matematis siswa; 2) pembelajaran dengan model konvensional ditinjau dari keaktifan dan
kemampuan komunikasi matematis siswa; 3) pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TS-TS
(Two Stay – Two Stray) sama efektifnya dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari keaktifan
siswa, namun lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan
komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: TS-TS, keaktifan siswa, kemampuan komunikasi matematis siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i3.6663
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia