PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA SMP KELAS VIII
Tuharto ., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) dengan pendekatan berbasis
masalah pada materi Lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII dengan kualifikasi valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model
pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan
evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian RPP dan LKS, dan soal
tes hasil belajar siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah diujicobakan di SMP Negeri 1
Kasihan, Bantul pada tanggal 29 Maret s.d 8 April 2016. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan
memenuhi kualifikasi valid berdasarkan penilaian ahli dengan rata-rata skor penilaian RPP sebesar 163
dari skor maksimal 205 dengan kriteria “sangat baik”dan LKS 109 dari skor maksimal 160, dengan
kriteria “baik”. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kualifikasi praktis dengan revisi
berdasarkan hasil observasi dan wawancara selama siswa menggunaan perangkat. Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kualifikasi efektif berdasarkan hasil tes belajar siswa
dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,25% dengan kriteria “sangat baik”.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Berbasis Masalah, Lingkaran
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) dengan pendekatan berbasis
masalah pada materi Lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII dengan kualifikasi valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model
pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan
evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian RPP dan LKS, dan soal
tes hasil belajar siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah diujicobakan di SMP Negeri 1
Kasihan, Bantul pada tanggal 29 Maret s.d 8 April 2016. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan
memenuhi kualifikasi valid berdasarkan penilaian ahli dengan rata-rata skor penilaian RPP sebesar 163
dari skor maksimal 205 dengan kriteria “sangat baik”dan LKS 109 dari skor maksimal 160, dengan
kriteria “baik”. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kualifikasi praktis dengan revisi
berdasarkan hasil observasi dan wawancara selama siswa menggunaan perangkat. Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kualifikasi efektif berdasarkan hasil tes belajar siswa
dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,25% dengan kriteria “sangat baik”.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Berbasis Masalah, Lingkaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i3.6662
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia