PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT BERUPA ANDROID MOBILE GAME UNTUK SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI SEGI EMPAT
Nur Hadi Waryanto, , Indonesia
Endah Retnowati, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini bertujuan
untuk menghasilkan produk yaitu media pembelajaran matematika berbasis edutainment berupa Android mobile
game untuk siswa SMP kelas VII pada materi segi empat, mengetahui kualitas media pembelajaran, dan minat
belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari tahap analysis (analisis),
design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi).
Instrumen yang digunakan meliputi angket penilaian kualitas media pembelajaran yang diberikan kepada dosen
ahli materi, dosen ahli media dan guru serta angket minat belajar untuk siswa. Media pembelajaran divalidasi oleh
dosen ahli materi dan dosen ahli media. Implementasi dilakukan kepada 31 siswa kelas VII A SMP Negeri 2
Depok, Sleman. Setelah tahap implementasi, didapatkan hasil penilaian kualitas media pembelajaran dinilai dari
aspek kualitas isi dan tujuan adalah 4.543 dengan kriteria sangat baik, aspek kualitas instruksional adalah 4.592
dengan kriteria sangat baik, dan aspek kualitas teknis adalah 4.2 dengan kriteria sangat baik. Kualitas media
pembelajaran dinilai dari keseluruhan aspek adalah 4.445 dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Selain itu,
didapatkan hasil angket minat belajar siswa ditinjau dari aspek kesenangan adalah 3.38 dengan kriteria baik, aspek
ketertarikan adalah 3.26 dengan kriteria baik, aspek kepuasan adalah 3.34 dengan kriteria baik, aspek motivasi
adalah 3.39 dengan kriteria baik, aspek keinginan adalah 3.45 dengan kriteria sangat baik, dan aspek keingintahuan
adalah 3.3 dengan kriteria baik. Keseluruhan aspek minat belajar siswa adalah 3.35 dan termasuk dalam kriteria
baik.
Kata kunci: media pembelajaran matematika, edutainment, android, mobile game, segi empat
untuk menghasilkan produk yaitu media pembelajaran matematika berbasis edutainment berupa Android mobile
game untuk siswa SMP kelas VII pada materi segi empat, mengetahui kualitas media pembelajaran, dan minat
belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari tahap analysis (analisis),
design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi).
Instrumen yang digunakan meliputi angket penilaian kualitas media pembelajaran yang diberikan kepada dosen
ahli materi, dosen ahli media dan guru serta angket minat belajar untuk siswa. Media pembelajaran divalidasi oleh
dosen ahli materi dan dosen ahli media. Implementasi dilakukan kepada 31 siswa kelas VII A SMP Negeri 2
Depok, Sleman. Setelah tahap implementasi, didapatkan hasil penilaian kualitas media pembelajaran dinilai dari
aspek kualitas isi dan tujuan adalah 4.543 dengan kriteria sangat baik, aspek kualitas instruksional adalah 4.592
dengan kriteria sangat baik, dan aspek kualitas teknis adalah 4.2 dengan kriteria sangat baik. Kualitas media
pembelajaran dinilai dari keseluruhan aspek adalah 4.445 dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Selain itu,
didapatkan hasil angket minat belajar siswa ditinjau dari aspek kesenangan adalah 3.38 dengan kriteria baik, aspek
ketertarikan adalah 3.26 dengan kriteria baik, aspek kepuasan adalah 3.34 dengan kriteria baik, aspek motivasi
adalah 3.39 dengan kriteria baik, aspek keinginan adalah 3.45 dengan kriteria sangat baik, dan aspek keingintahuan
adalah 3.3 dengan kriteria baik. Keseluruhan aspek minat belajar siswa adalah 3.35 dan termasuk dalam kriteria
baik.
Kata kunci: media pembelajaran matematika, edutainment, android, mobile game, segi empat
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i2.5983
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia