PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT BERUPA ANDROID MOBILE GAME UNTUK SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI SEGI EMPAT

Nuraida Lutfi Hastuti, , Indonesia
Nur Hadi Waryanto, , Indonesia
Endah Retnowati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini bertujuan
untuk menghasilkan produk  yaitu  media  pembelajaran  matematika  berbasis edutainment berupa  Android mobile
game untuk  siswa  SMP  kelas  VII  pada  materi  segi  empat, mengetahui kualitas  media  pembelajaran,  dan minat
belajar  siswa.  Model  pengembangan  yang  digunakan  adalah  ADDIE  yang  terdiri  dari  tahap analysis (analisis),
design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi).
Instrumen  yang  digunakan  meliputi  angket  penilaian  kualitas  media  pembelajaran  yang  diberikan  kepada  dosen
ahli materi, dosen ahli media dan guru serta angket minat belajar untuk siswa. Media pembelajaran divalidasi oleh
dosen  ahli  materi  dan  dosen  ahli  media. Implementasi  dilakukan  kepada  31  siswa  kelas  VII  A  SMP  Negeri  2
Depok, Sleman. Setelah tahap implementasi, didapatkan hasil penilaian kualitas media  pembelajaran dinilai  dari
aspek kualitas isi dan tujuan adalah 4.543 dengan kriteria sangat  baik, aspek kualitas instruksional adalah 4.592
dengan  kriteria  sangat  baik,  dan  aspek  kualitas  teknis  adalah  4.2  dengan  kriteria  sangat  baik.  Kualitas  media
pembelajaran  dinilai  dari  keseluruhan  aspek  adalah  4.445  dan  termasuk  dalam  kriteria  sangat  baik.  Selain  itu,
didapatkan hasil angket minat belajar siswa ditinjau dari aspek kesenangan adalah 3.38 dengan kriteria baik, aspek
ketertarikan  adalah  3.26  dengan  kriteria  baik,  aspek  kepuasan  adalah  3.34 dengan  kriteria  baik,  aspek  motivasi
adalah 3.39 dengan kriteria baik, aspek keinginan adalah 3.45 dengan kriteria sangat baik, dan aspek keingintahuan
adalah 3.3 dengan kriteria baik. Keseluruhan aspek minat belajar siswa adalah 3.35 dan termasuk dalam kriteria
baik.
Kata kunci: media pembelajaran matematika, edutainment, android, mobile game, segi empat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i2.5983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia