DEVELOPMENT OF TEACHING LEARNING MATERIAL TRIGONOMETRY APPROACH GUIDED DISCOVERY FOR SENIOR HIGH SCHOOL GRADE X SEMESTER II
Marsigit ., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS trigonometri
dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk siswa SMA kelas X semester II. Kualitas perangkat
pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari tiga aspek kualitas yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang
meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini menghasilkan perangkat
pembelajaran berupa RPP, dan LKS. Penilaian kevalidan RPP mendapat skor rata-rata 160,5 dengan kualifikasi
valid. Penilaian kevalidan LKS mendapat skor rata-rata 229 dengan kualifikasi valid. Hasil analisis data angket
penilaian kepraktisan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran praktis dengan rata-rata 78,23. Hasil
observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan klasifikasi sangat baik dengan persentase rata-rata
mencapai 86,4%. Hasil penilaian tes hasil belajar siswa didapat persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar
90% dengan kriteria sangat baik sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif.
Kata kunci : perangkat pembelajaran, penemuan terbimbing, trigonometri
dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk siswa SMA kelas X semester II. Kualitas perangkat
pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari tiga aspek kualitas yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang
meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini menghasilkan perangkat
pembelajaran berupa RPP, dan LKS. Penilaian kevalidan RPP mendapat skor rata-rata 160,5 dengan kualifikasi
valid. Penilaian kevalidan LKS mendapat skor rata-rata 229 dengan kualifikasi valid. Hasil analisis data angket
penilaian kepraktisan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran praktis dengan rata-rata 78,23. Hasil
observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan klasifikasi sangat baik dengan persentase rata-rata
mencapai 86,4%. Hasil penilaian tes hasil belajar siswa didapat persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar
90% dengan kriteria sangat baik sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif.
Kata kunci : perangkat pembelajaran, penemuan terbimbing, trigonometri
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i2.5981
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia