PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK SMP KELAS VII MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual
dan model pembelajaran probing prompting pada materi segitiga dan segi empat untuk SMP kelas VII yang valid,
praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE.
Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS, angket respons siswa, angket respon guru,
lembar observasi, dan tes hasil belajar. Kualitas perangkat pembelajaran adalah 1) RPP valid dengan skor 4,2
dengan kriteria baik, 2) LKS valid dengan skor 4,4 dengan kriteria sangat baik, 3)perangkat pembelajaran praktis
berdasarkan skor angket respons siswa 3,5 dengan kriteria baik, berdasarkan skor angket respons guru 3,2 dengan
kriteria baik, dan berdasarkan persentase hasil observasi 84,38 % dengan kriteria sangat baik, 4)perangkat
pembelajaran efektif berdasarkan persentase ketuntasan siswa 80% dengan kriteria baik.
dan model pembelajaran probing prompting pada materi segitiga dan segi empat untuk SMP kelas VII yang valid,
praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE.
Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS, angket respons siswa, angket respon guru,
lembar observasi, dan tes hasil belajar. Kualitas perangkat pembelajaran adalah 1) RPP valid dengan skor 4,2
dengan kriteria baik, 2) LKS valid dengan skor 4,4 dengan kriteria sangat baik, 3)perangkat pembelajaran praktis
berdasarkan skor angket respons siswa 3,5 dengan kriteria baik, berdasarkan skor angket respons guru 3,2 dengan
kriteria baik, dan berdasarkan persentase hasil observasi 84,38 % dengan kriteria sangat baik, 4)perangkat
pembelajaran efektif berdasarkan persentase ketuntasan siswa 80% dengan kriteria baik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i1.5969
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia