ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH I PATUK PADA POKOK BAHASAN PELUANG ANALYSIS OF MATH PROBLEM SOLVING ABILITY STUDENT GRADE XI SMK MUHAMMADIYAH I PATUK ON PROBABILITY DISCUSSION
Sugiman Sugiman, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan matematika siswa pada materi
peluang dan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah I Patuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.
Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah I Patuk. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan analisis data
yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah I Patuk pada materi peluang termasuk dalam kategori rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes
kemampuan pemecahan masalah pada materi peluang yang menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan
pemecahan masalah pada kualifikasi tinggi yaitu 11,77%. Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah
sedang yaitu 35,29%. Sisanya 52,94% memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah dan sangat rendah.
Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah matematika, peluang
Abstract
The research aims to find out level of math problem solving ability student on probability material and to
find out factors that affect the level of math problem solving ability grade XI student of SMK Muhammadiyah I
Patuk. This research is descriptive quantitative research. The subject is the students of class XI Accountant
Concentration SMK Muhammadiyah I Patuk. The instrument used in this study is mathematical problem solving
test. Based on the data analysis showed that the math problem solving ability student class XI SMK
Muhammadiyah I Patuk on probability material included in the low category. It can be seen from the result of
problem solving ability was 11,77%. Student who have problem solving ability in middle qualification was 35,29%.
The remaining 52,94% have problem solving ability with low and very low qualifications.
Keywords: mathematical problem solving ability, probability
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan matematika siswa pada materi
peluang dan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah I Patuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.
Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah I Patuk. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan analisis data
yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah I Patuk pada materi peluang termasuk dalam kategori rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes
kemampuan pemecahan masalah pada materi peluang yang menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan
pemecahan masalah pada kualifikasi tinggi yaitu 11,77%. Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah
sedang yaitu 35,29%. Sisanya 52,94% memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah dan sangat rendah.
Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah matematika, peluang
Abstract
The research aims to find out level of math problem solving ability student on probability material and to
find out factors that affect the level of math problem solving ability grade XI student of SMK Muhammadiyah I
Patuk. This research is descriptive quantitative research. The subject is the students of class XI Accountant
Concentration SMK Muhammadiyah I Patuk. The instrument used in this study is mathematical problem solving
test. Based on the data analysis showed that the math problem solving ability student class XI SMK
Muhammadiyah I Patuk on probability material included in the low category. It can be seen from the result of
problem solving ability was 11,77%. Student who have problem solving ability in middle qualification was 35,29%.
The remaining 52,94% have problem solving ability with low and very low qualifications.
Keywords: mathematical problem solving ability, probability
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i4.2643
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia