PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI RUMUS-RUMUS SEGITIGA MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA SMA DEVELOPMENT OF LEARNING TOOLS ON THE MATERIAL TRIANGLE FORMULAS USE GUIDED DISCOVERY MODELS FOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Tuharto Tuharto, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi rumus-rumus segitiga
menggunakan model penemuan terbimbing untuk siswa SMA kelas XI dan mengetahui kualitas kelayakan
perangkat pembelajaran dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan
adalah model pengembangan ADDIE, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development
(pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat dikategorikan layak untuk digunakan di sekolah-sekolah
dengan peringkat tinggi berdasarkan: aspek kevalidan, yaitu RPP memenuhi kriteria “sangat baik” dengan rata-rata
skor dari validator 3,86 dari skor maksimal 4 dan LKS memenuhi kriteria “sangat baik” dengan rata-rata skor dari
validator 3,83 dari skor maksimal 4; aspek kepraktisan, yaitu dari hasil observasi dan wawancara yang
menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran layak digunakan dengan revisi; aspek keefektifan, yaitu berdasarkan
persentase ketuntasan hasil tes belajar siswa di SMA Negeri 8 Yogyakarta yang mencapai 96,55%.
Kata kunci: rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, rumus-rumus segitiga, penemuan
terbimbing
Abstract
This study aimed to produce a learning device on the materials of triangles formulas using guided discovery
models for high school students of class XI and to know the quality of the feasibility of learning tools on validity,
practicality, and effectiveness aspects. The model development was ADDIE development model i.e. analysis,
design, development, implementation, and evaluation. The result showed that the learning device produced is
highly appropriate to be applied in schools based on the validity aspects, namely lesson plan that met the criteria
"very good" with an arrange score of 3.86 out of maximum score validator 4 and student worksheet the criteria of
"very good" with an average score of 3.83 out of a maximum score validator 4; practicality aspects, namely from
observations and interviews indicate that the device is worth learning to use the revision; aspects of effectiveness,
which is based on the percentage of completeness of the results for students at SMAN 8 Yogyakarta, which reached
96.55%.
Keywords: lesson plan, student worksheets, formulas triangle, guided discovery
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi rumus-rumus segitiga
menggunakan model penemuan terbimbing untuk siswa SMA kelas XI dan mengetahui kualitas kelayakan
perangkat pembelajaran dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan
adalah model pengembangan ADDIE, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development
(pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat dikategorikan layak untuk digunakan di sekolah-sekolah
dengan peringkat tinggi berdasarkan: aspek kevalidan, yaitu RPP memenuhi kriteria “sangat baik” dengan rata-rata
skor dari validator 3,86 dari skor maksimal 4 dan LKS memenuhi kriteria “sangat baik” dengan rata-rata skor dari
validator 3,83 dari skor maksimal 4; aspek kepraktisan, yaitu dari hasil observasi dan wawancara yang
menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran layak digunakan dengan revisi; aspek keefektifan, yaitu berdasarkan
persentase ketuntasan hasil tes belajar siswa di SMA Negeri 8 Yogyakarta yang mencapai 96,55%.
Kata kunci: rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, rumus-rumus segitiga, penemuan
terbimbing
Abstract
This study aimed to produce a learning device on the materials of triangles formulas using guided discovery
models for high school students of class XI and to know the quality of the feasibility of learning tools on validity,
practicality, and effectiveness aspects. The model development was ADDIE development model i.e. analysis,
design, development, implementation, and evaluation. The result showed that the learning device produced is
highly appropriate to be applied in schools based on the validity aspects, namely lesson plan that met the criteria
"very good" with an arrange score of 3.86 out of maximum score validator 4 and student worksheet the criteria of
"very good" with an average score of 3.83 out of a maximum score validator 4; practicality aspects, namely from
observations and interviews indicate that the device is worth learning to use the revision; aspects of effectiveness,
which is based on the percentage of completeness of the results for students at SMAN 8 Yogyakarta, which reached
96.55%.
Keywords: lesson plan, student worksheets, formulas triangle, guided discovery
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i3.2615
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia