KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN SPACE AND SHAPE MENGGUNAKAN METODE CRI
Nila Mareta Murdiyani, , Indonesia
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pemahaman konsep siswa dalam mengerjakan soal materi bangun datar dan bangun ruang pada soal PISA konten Space and Shape berdasarkan Certainty of Response Index (CRI); (2) tingkat kemampuan spasial siswa pada materi bangun datar dan bangun ruang pada soal PISA konten Space and Shape dengan menggunakan Certainty of Response Index (CRI); (3) penyebab miskonsepsi siswa. Subyek penelitian ini adalah 55 siswa kelas IX SMP di Lembimjar Neutron Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dilakukan tes untuk seluruh subyek penelitian dan wawancara kepada siswa yang memiliki skor tertinggi, skor terendah, dan skor tengah-tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah reduksi data, display data atau penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) mayoritas responden memahami konsep dengan kategori baik untuk pemahaman bangun datar dan bangun ruang dengan rerata CRI >2,5; (2) masih terdapat beberapa siswa yang mengalami miskonsepsi dalam pengerjaan soal; (3) penyebab terjadinya miskonsepsi karena siswa kesulitan menerapkan konsep matematika untuk penyelesaian masalah, khusunya soal serupa PISA yang memerlukan cara berpikir kritis dengan penyelesaian yang kompleks dan sistematis. Terjadinya miskonsepsi oleh beberapa siswa juga disebabkan karena siswa tidak terbiasa mengerjakan soal matematika yang telah dimodifikasi lebih lanjut.
Keywords
References
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Chaplin, J, P. (1997). Kamus lengkap psikologi. Cetakan keempat. PT Raja Grafindo Persada.
Edo, S. I., Ilma, R., & Hartono, Y. (2014). Investigating Secondary School Students’ Difficulties in Modeling Problems PISA-Model Level 5 And 6. Indo MS Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 4(1).
Hasan, F. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Bilangan Bulat Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). http://eprints.ung.ac.id/10272/1/2015-1-1-84202-411411132-abstraksi-14072015012834.pdf
Indriyani, E. (2013). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Spasial dan Disposisi Matematis Siswa yang Diberi Pembelajaran Geometri Berbasis Teori Van Hiele dengan dan Tanpa Aplikasi Wingeom di SMP Negeri 4 Binjai. Program Pasca Sarjana Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan : Medan.
Kurniawati, I. & Kurniasari, I. (2019). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. VIII (2). 441 - 448.
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Pangestika, W. (2016). Pengembangan Soal Serupa Pisa Konten Space And Shape Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Siswa Publikasi Ilmiah.
Suastika. (2015). Penelusuran Miskonsepsi Mahasiswa Tentang Matriks Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Prosiding Seminar Nasional Fisika. http://www.snf-unj.ac.id/files/7114/4620/0946/SNF2015-I-215-220.pdf
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sumarna. (2004). Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. PT Remaja Rosdakarya.
Wahyudin. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Zulfa, I. (2013). Analisis Miskonsepsi Siswa dengan certainty of Response Index (CRI) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VII MTs Hasyim Asy’Ari. Uin Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i3.21546
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia