ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY DI SMP NEGERI 3 NGAGLIK

Rusdiana Mivta Riandani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Tuharto Tuharto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar siswa berdasarkan tipe kepribadian Keirsey pada materi PLSV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian siswa dari kelas VIII di salah satu SMP Negeri yang berlokasi di Ngaglik sebanyak 53 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tipe kepribadian Keirsey, tes kemampuan komunikasi matematis, tes hasil belajar matematika, dan wawancara. Dari keempat instrumen tersebut menghasilkan data yang kemudian dianalisis dengan langkah – langkah sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dari 53 subjek penelitian, terdapat 11 siswa tipe Guardian, 16 siswa tipe Artisan, 5 siswa tipe Rational, dan 21 siswa tipe Idealist. 2) Kemampuan komunikasi siswa cenderung pada kategori sedang, dengan 6 siswa berkategori tinggi, 39 siswa berkategori sedang, dan 8 siswa berkategori rendah. 3) Keempat tipe cenderung dominan pada IKKM ketiga dan lemah pada IKKM keempat. 4) Semakin tinggi kemampuan komunikasi matematis pada tiap tipe, semakin tinggi pula hasil belajar matematika yang didapatkan. Melalui penelitian ini, peneliti menyarankan agar kemampuan komunikasi matematis siswa lebih ditingkatkan lagi dengan berlatih mengerjakan soal – soal matematika yang berkaitan dengan komunikasi matematis.


Keywords


Komunikasi Matematis; Kemampuan Komunikasi Matematis; Hasil Belajar Matematika; Tipe Kepribadian Keirsey



DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i3.20808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia