EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-FLIPBOOK PADA PEMBELAJARAN OPERASI BILANGAN BULAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERORIENTASI PADA METODE DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII

Firdaus Izzati,
Marsigit Marsigit,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran E-Flipbook dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari metode dan pemahaman konsep matematika siswa SMP kelas VII, serta interaksi antara metode dan pemahaman konsep matematika siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain berbentuk penelitian One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMPIT Ulul Albab Purworejo tahun ajaran 2023/2024. Statistik uji yang digunakan adalah One Sample T-Test, Paired Sample T-Test, Korelasi Product Moment, dan Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan Software IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media pembelajaran E-Flipbook dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari metode matematika siswa SMP kelas VII, (2) ) Penggunaan media pembelajaran E-Flipbook dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa SMP kelas VII, dan (3) Terdapat interaksi antara metode dan pemahaman konsep matematika siswa dengan kategori sangat kuat.


Keywords


e-flipbook; pendektan; kontekstual; metode matematika; pemahaman konsep

References


Baroody, A. J., Feil, Y., Johson, A. R. (2007). An alternative reconceptualization of procedural and conceptual knowledge. Journal for Research in Mathematics Edducation, 38. 115-131

Fujita, T., Jones, K., & Miyazaki, M. (2018). Learner's use of domain-specific computer-based feedback to overmoce logical circularity in deductive proving in geometry. ZDM Mathematics Education, 50(4), 699-713. https://doi.org/10.1007/s11858-018-0950-4.

Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ningrum, E. (2009). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Makalah Yang Diseminarkan Pada Kegiatan Pelatihan Dan Workshop Model-Model Pembelajaran Dalam Persiapan RSBI. Karawang.

Rahima, R., Kaspul, K., & Putra, A. P. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Peserta Didik Kelas X Sma Terhadap Pengembangan

Modul Elektronik Berbasis Flip Html5 Konsep Protista. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(1), 570–580.

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308.

Shikgeo Katagiri. (2004). Mathematical Thinking and How To Teach It. Tokyo: Meijitosyo Publishers.

Umamah, N., Sumardi, S., & Surya, R. A. (2021). Development of Historical Learning E-Module Based Value Clarification Technique (Vct).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v11i2.20761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia


View My Stats