EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP

Anis Farisa Rahman, Universitas Negeri Yogyakarta
Endang Listyani, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas penerapan metode somatic auditory visualization intellectually (SAVI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Imogiri tahun ajaran 2022/2023 sebanyak tujuh kelas. Sampel penelitian diambil secara acak terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII C dan kelas VIII B. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan pemahaman matematika. Pengujian hipotesis menggunakan uji One Sample t-Test dan Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 5% pada data skor gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP, (2) penerapan metode pembelajaran ekspositori tidak efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP, dan (3) penerapan metode pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) lebih efektif daripada metode pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP.


References


Arnida, S., & Suci, Y. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 71-80.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). 2006. Model Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Fahrurrozi & Hamdi, S. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press.

Fajriyah dan Supardi. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Unindra Press.

Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Safitri, F., dkk. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual dan Visual Auditori Kinestetik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara. 1-8.

Sardiman. 2014. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sudarwanti & Harini, E. 2018. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran TAI Dibanding Dengan Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1), 91-98.

Sumiati & Asra. 2019. Metode Pembelajaran. Bandung: PT Sandiarta Sukses.

Tambunan, N., & Via Kristin, A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual (SAVI) terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. 231-237.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i1.19280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia