Pengembangan e-modul statistika berbasis contextual problem untuk peserta didik kelas VIII SMP

Khoriatul Muslimah, Universitas Negeri Yogyakarta-UNY, Indonesia
Ariyadi Wijaya, Universitas Negeri Yogyakarta-UNY, Indonesia

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan e-modul berbasis contextual problem, pada materi Statistika untuk peserta didik SMP kelas VIII. Subjek penelitian adalah lima belas peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Berbah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas e-modul yang dihasilkan ditinjau dari aspek kelayakan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan pokok yakni analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan yaitu angket penilaian oleh ahli dan tes hasil belajar. Kualitas e-modul dilihat dari aspek kelayakan termasuk dalam klasifikasi sangat baik valid dengan rata-rata skor penilaian ahli materi sebesar 3,60 dan rata-rata skor penilaian e-modul oleh ahli media sebesar 3,57 pada rentang skor skala 4. Sedangkan dari aspek keefektifan, e-modul yang dikembangkan efektif ditinjau dari tes hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai tes yang diperoleh adalah 86 dari skala 100 (), dengan nilai signifikansi (kurang dari ).

Kata kunci: e-modul, statistika, contextual problem

Abstract.  This study was conducted to produce an e-module based on contextual problems, on statistical material for 8th grade of junior high school. The subjects of this study were fifteen students of 8th grade in SMP Muhammadiyah 1 Berbah. This study aims to determine the quality of the resulting e-module in terms of feasibility and effectiveness. This study is a development research that refers to the ADDIE development model which includes five main stages, namely analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). The instruments used are expert assessment questionnaires and learning outcomes tests. The quality of the e-module seen from the feasibility aspect is included in the very good classification valid with an average score of 3,60 for material expert assessment and the average score for e-module assessment by media experts is 3,57 on a 4 scale score range. Meanwhile, from the aspect of effectiveness, the e-module developed was effective in terms of student learning outcomes. This is indicated by the average test score obtained is 86 out of a scale of 100 (), with a significance value (less than ).

 

Keyword:  statistics, e-module, contextual problem


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i3.18088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogi Matematika




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia