KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN PBM PADA TOPIK STATISTIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan keefektifan metode pembelajaran guided inquiry dan PBM pada topik statistika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Prambanan pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian kelas VIII C dan kelas VIII B. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah (pretest dan posttest) dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji statistik yang digunakan adalah one sampel t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa : (1)pembelajaran menggunakan metode pembelajaran guided inquiry dan PBM pada topik statistika tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII, dan (2)pembelajaran menggunakan metode PBM pada topik statistika lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode guided inquiry masalah ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII.
Kata kunci: guided inquiry, PBM, kemampuan pemecahan masalah
Abstract
The aim of this research to describe and compare the effectiveness of guided inquiry learning method and problem based learning method on statistics topics in term of problem solving capability at junior school student of class VIII. The reasersch method is quasi experiment. Population of this research are all of student grade 8th of SMP Negeri 1 Prambanan with samples VIII C and VIII B. The research instrumen used is problem solving ability test (pretest and posttest) and observation form for learning activities. The statistical test used one sample t-test. Based on result of hypothesis test with significance level 5% indicated that: (1) guided inquiry learning method and PBL method is not effective on statistics topics in term of problem solving capability at junior school student of class VIII, and (2) problem based learning method is better than guided inquiry learning method on statistis topics in term of problem solving ability at junior school student of class VIII.
Keyword: guided inquiry, problem based learning, problem solving ability
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i5.11316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia