PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS 8 SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas 8 SMP. Kualitas perangkat pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penilitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Yogyakarta. Penilaian kevalidan dilakukan oleh guru matematika SMP Negeri 4 Yogyakarta. Hasil penilaian RPP dan LKS menunjukkan skor 4,82 dan 4,8 dengan kriteria valid. Hasil penilaian kepraktisan dari data angket respon guru diperoleh skor 4,92 dan angket respon siswa diperoleh skor 3,89 dengan kriteria praktis. Penilaian keefektifan menurut tes hasil belajar siswa diperoleh tingkat peningkatan sebesar 77,8% dengan kriteria peningkatan tinggi. Penilaian keefektifan berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh skor 83,33% dengan kriteria efektif.
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, Realistic Mathematics Education, kubus,
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i4.11189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia