PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SEGIEMPAT BERBASIS PENDEKATAN GUIDED INQUIRY YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS materi segiempat berbasis pendekatan guided inquiry yang berorientasi pada kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evalution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid ditunjukkan oleh skor rata-rata penilaian RPP yaitu 4,35 dari skor maksimal 5 termasuk dalam kriteria sangat baik dan skor rata-rata penilaian LKS yaitu 4,08 dari skor maksimal 5 termasuk dalam kriteria baik. Perangkat pembelajaran praktis ditunjukkan oleh skor rata-rata respon siswa terhadap penggunaan LKS yaitu 3,89 dari skor maksimal 5 termasuk dalam kriteria baik, skor rata-rata respon guru terhadap penggunaan RPP dan LKS berturut-turut yaitu 4 dan 4,21 dari skor maksimal 5 dengan keduanya memenuhi kriteria baik, serta keterlaksanaan pembelajaran termasuk dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 88,33%. Perangkat pembelajaran efektif ditunjukkan oleh ketuntasan hasil tes pemahaman konsep secara klasikal yang memperoleh persentase ≥ 75%yaitu sebesar 87,50%.
Abstract
This study aims to produce learning set that includes Lesson Plan and Student Worksheet for the topic quadrilateral using guided inquiry approach to orientate on student’s conceptual understanding ability for junior high school of class VII which are valid, practical, and effective. This study also aims to describe the quality of learning set based on validity, practicality, and effectiveness. Type of the research was research and development with ADDIE model consisting of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The result of this research showed that the learning set was valid shown by the average score of Lesson Plan was 4,35 on scale 5 with “very good” criteria and the average score of Student Worksheet was 4,08 on scale 5 with “good” criteria. The learning set was practical shown by the average score of student responses to use Student Worksheet was 3,89 on scale 5 with “good” criteria, the average score of teacher responses to use Lesson Plan and Student Worksheet were 4 and 4,21 on scale 5 with both of them have “good” criteria, and the learning activities included in “good” criteria with a percentage of 88,33%. The learning set was effective shown by the classical completeness was a percentage greater than or equal to 75% of 87,50%.
Keywords learning set, guided inquiry, conceptual understanding, quadrilateral
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i4.11185
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia