PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS), berbasis pendekatan guided discovery learning yang valid, praktis, dan efektif untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap-tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, serta tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penilaian kevalidan, RPP dan LKS keduanya memenuhi kriteria valid dengan rata-rata perolehan skor 4,06 pada skala 5. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan, diperoleh skor angket respon siswa 3,26 pada skala 4 dan persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 89%. Berdasarkan penilaian keefektifan dari tes kemampuan pemecahan masalah, diperoleh nilai rata-rata ketercapaian kemampuan pemecahan masalah 83,44.
Kata kunci: perangkat pembelajaran, guided discovery learning, kemampuan pemecahan masalah
Abstract
The present research project aims to produce mathematics learning material that includes lesson plan and student worksheets based on guided discovery approach that valid, practical, and effectives to develop a good problem solving skill. Type of the research project was reseach and development with ADDIE model, consisting of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The instruments used in the research project were validation sheets for measuring the validity for the learning material, student questionnaire and observation sheet of learning implementation for measuring the practicality, and problem solving skill test for measuring the effectiveness of the learning material. Based on the result of validation assessment, the lesson plan and assessment of student worksheets both is “valid” with a score of 4.06 on a scale 5. Based on the result of practicality, the learning material is “practical” with a score 3.26 on scale 4 and learning implementation percentage is 89%. Based on the effectiveness assessment using problem solving skill test, the average score of the class was 83.44.
Keywords: leaning material, guided discovery learning, problem solving skill
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i4.11182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia