EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVDUALIZATION DAN GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Group Investigation (GI) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK N 1 Wonosari. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK N 1 Wonosari tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari empat kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Akuntansi 2 yang diberi perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas XI Akuntansi 3 yang diberi perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe GI. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes (pretest dan posttest). Penelitian ini menggunakan uji statistik one samples t-test dan independent samples t-test dengan α = 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe TAI dan GI ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswaFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i3.11172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia