KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA TOPIK ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VII

fitri nur hidayah , ariyadi wijaya,

Abstract


Abstrak

   Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa dan motivasi belajar siswa kelas VII SMP. Jenis peneitian ini merupakan peneitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur pemahaman konsep, angket motivasi belajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan dua cara yakni: 1) One sample t-test digunakan untuk menyelidiki keefektifan pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran saintifik; dan 2) Multivariate Analysis of Variance (Manova), digunakan untuk menyelidiki perbedaan keefektifan antara pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik dengan topik aritmetika sosial efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa SMP kelas VII; (2) Pembelajaran matematika melalui pendekatan saintifik dengan topik aritmetika sosial efektif ditinjau dari motivasi belajar tetapi tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VII; (3) Pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik lebih efektif dibandingkan pembelajaran  melalui pendekatan saintifik ditinjau dari pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa SMP kelas VII.

Abstract

This study aims to describe the effectiveness of learning mathematics with a realistic mathemathical approach in terms of understanding the mathemathical concepts of students in the motivation of students in 7th grade of junior high school. This type of research was quasi experiment with prettest posttest research design non-equivlent control group design. The instrument used in this study were a mathematics test to measure student’s conceptual understanding consisting of pretest and posttes questions and instrument nontes in the form of a questionsnaire to measure student’s learning motivation, and observation sheet to observe the implementation of learning. Data were analyzed in two ways: 1) one-sample t-test to streamline realstc learning and scentfc learning; and 2) multivariate analysis of variance (Manova), to calculate the effectiveness between realistic mathematics learning and scientific learning. The results showed that: (1) a realistic mathematical approach is effective both in terms of understanding the  concept and motivation of grade VII students of junior high school; (2) a scientifc learning is not effective in terms of understanding the concept of students in grade VII Junior high school but effective in terms of motivation of students in grade VII junior high school; (3) a realistic mathematical approach is more effective both in term of understanding of the concept and motivation of students learning class VII junior high school.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i2.10701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia