PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK KELAS VIII

Ridwan Agung Kusuma , Himmawati Puji Lestari, M.Si,

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbantuan GeoGebra untuk pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar untuk kelas VIII dan mendeskripsikan kualitas LKS berdasarkan aspek valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang meliputi analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian materi dan media pada LKS dan file GeoGebra untuk mengukur kevalidan, lembar penilaian oleh guru dan angket respon siswa terhadap penggunaan LKS serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan tes hasil belajar siswa untuk mengukur keefektifan. Uji coba penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngaglik kelas VIII F dengan banyak 31 siswa. Penelitian ini menghasilkan produk berupa LKS dan 7 File GeoGebra dengan langkah-langkah kegiatan penemuan terbimbing sebagai fitur utama pada LKS yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbantuan GeoGebra untuk pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar untuk kelas VIII yang dihasilkan dapat dikategorikan layak digunakan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan LKS berada pada kriteria baik dengan skor 3,8 dari skor maksimal 5. Kepraktisan LKS yang dikembangkan berada pada kriteria sangat baik untuk penilaian oleh guru dengan skor 4,23 dari skor maksimal 5, dan skor rata-rata dari angket respon siswa adalah 3,03 dari skor maksimal 4 dengan kriteria baik, serta hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran telah mencapai kriteria sangan baik. Keefektifan LKS berada pada kriteria baik dengan persentase ketuntasan belajar 64,52%. Kata Kunci: LKS, GeoGebra, penemuan terbimbing, bangun ruang sisi datar, siswa SMP ABSTRACT This research was designed to produce LKS based-Geogebra for learning with guided discovery method on the polyhedron material for grade VIII and to describe the quality based on valid, practical, and effective aspects. This research is a research and development (R&D). The development model used the ADDIE model that includes analyze, design, develop, implement, and evaluate. The instrument of this research is the material assessment and media assessment sheet on the LKS and Geogebra files to measure the validity, teacher’s assessment sheet and the student’s questionnaire about the use of student worksheet and the observation sheet of the learning implementation to measure the practicality, and the test of the students' learning outcomes to measure the effectiveness . The trial of this research was conducted in SMP Negeri 1 Ngaglik F class of grade VIII with 31 students. This research produces product in the form of student worksheet and 7 GeoGebra Files with guided discovery activities steps as the main feature on the developed student worksheet. The result of the research shows that student worksheet based-Geogebra for learning with guided discovery method on the geometry material for grade VIII can be categorized as feasible to be used based on the aspect of validity, practicality, and effectiveness. The validity of the student worksheet is on good criteria with score 3.8 from maximum score 5. Student worksheet’s practicability is in very good criterion for teacher’s assessment with score 4,23 from maximum score 5, and mean score from student response questionnaire is 3 , 03 out of a 20 maximum score of 4 with good criteria, as well as the results of the learning implementation analysis have reached the criteria of both. The effectiveness of student worksheet is in good criteria with 64.52% mastery of learning. Keywords: Student worksheet, GeoGebra, guided discovery, polyhedron, junior high school students

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i2.10544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia