PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA UNTUK KELAS XI DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO TAHUN 2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kelayakan dalam e-modul mata pelajaran matematika yang didesain dengan inovatif dan kemudian dikemas dalam bentuk Flip Book. E-modul ini dikembangkan agar dapat digunakan sebagai media belajar mandiri untuk peserta didik Sekolah Menengah Atas pada masa pandemi Covid19. Penelitian ini ialah tipe riset pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model 4- D yang dipopulerkan oleh Thiagarajan, Semmel, serta Semmel. Setelah itu model tersebut diadaptasi jadi 3 sesi, yakni: (1) pendefinisian (Define), (2) perancangan (Design), dan (3) pengembangan (Develop). Modul yang dikembangkan kemudian dilakukan validasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Saran dari hasil validasi digunakan untuk merevisi produk. Setelah media dinyatakan layak, kemudian dilakukan penilaian oleh peserta didik dan uji coba media kepada peserta didik kelas XI SMA N 7 Purworejo yang berjumlah 36 peserta didik. Hasil Penelitian ini : (1) telah dihasilkan produk E-modul Induksi matematika untuk kelas XI, (2) Ahli Materi, mendapatkan skor total 17,7 yaitu dengan kategori Layak, (3) Ahli Media, mendapatkan skor total yaitu 30,4 dengan kategori Layak, (4) Uji Coba Lapangan, mendapatkan skor total yaitu 17,86 dengan kategori Layak.
Kata kunci : Electronic Module, Induksi Matematika
Kata kunci : Electronic Module, Induksi Matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.