ANALISIS PENGUASAAN APLIKASI CANVA PESERTA PELATIHAN DITINJAU DARI KARAKTERSITIK USIA DALAM PROGRAM MLS YANG DIADAKAN OLEH BALAI TEKKOMDIK DIY

Dimas Rizky Ramadhani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penguasaan aplikasi Canva peserta pelatihan program MLS (Mobile Learning Service) yang diadakan oleh Balai Tekkomdik DIY berdasarkan karakteristik usia, serta mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung keberhasilan pelatihan dengan metode yang sesuai untuk mencapai target kompetensi. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus, dilakukan pada 19 September–20 Oktober 2024, dengan subjek 30 peserta pelatihan dan objek penguasaan aplikasi Canva berdasarkan usia. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan penguasaan aplikasi Canva berdasarkan usia, di mana peserta berusia 25–45 tahun lebih menguasai dibandingkan usia 46–60 tahun. Faktor penghambat adalah pendekatan metode pelatihan yang sama untuk semua rentang usia, sedangkan faktor pendukung mencakup analisis kebutuhan pelatihan, penerapan metode microlearning, dan fasilitasi sesi tanya jawab antara pelatih dan peserta.

Full Text:

PDF

References


A.A.Prabu Mangkunegara. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosdakarya.

Alkaff, A. (2012). Disampaikan dalam presentasi Strategi TIK untuk Pendidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di pembukaan Lokakarya Pengembangan Kerangka Kerja Kompetensi Dasar TIK untuk Guru, di Jakarta, 21-22 April 2012.

Among, Makarti. (2016).“Teori Perbedaan Generasi”. Theoritical Review Vol.9, No.18.

Budiningsih, Asri. (Desain Pesan Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY, 2003), hlm. Jurnal Madaniyah, Volume 13 Nomor 1 Edisi Januari 2023 ISSN (printed) : 2086-3462

Depdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100

Grossman, R,. and Salas , E., (2011), ‘The transfer of training: what really matters.’International Journal of Training and Development 15:2. Florida: Blackwell Publishing Ltd.

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638

Hasibuan, Malayu SP. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasibuan, S.P Malayu. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Hurlock, E. (1998). Children language acquasition. Journal of social psychology & personality. Volume.

Num. 23. November. Washington DC: American

Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mangkunegara, A, P (2015). Manajemen Sumber Manusia Perusahaan Bandung. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mannheim, K. (1952). The Problem of Generations. Essays on the Sociology of Knowledge, 24(19), 276-322–24.

Mathis Robert L & Jackson John H. (2002). Human Resoursce Management (Alih Bahasa). Jakarta: Salemba Empat.

Miller, Janice A & Diana M. Osinski (2002). Training Needs Assesment, Tersedia: [Online] http:www.ispi.org/ pdf/suggestedReading/Miller_Osinski.pdf

Nursalam, 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian dan Keperawatan. Jakarta: Salmeba Medika.

Olivier J. (2021). Creating Microlearning Objects Within Self-Directed Multimodal Learning Contexts. Microlearning in the Digital Age, May, 169–188. https://doi.org/10.4324/97803678216 23-15

Pelangi, Garis. (2020). “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA”. Jurnal Sasindo Unpam. Vol 8, No,2. http://openjournal.unpam.ac.id

Sarina, S. (2018). Gambaran Psychological Well-Being Pekerja Sosial Dian Bersinar Foundation Medan. Jurnal Diversita, 4(1), 16. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i1.1567

Siti Partini Suardiman. (2003). Metode Pengembangan Daya Pikir dan Daya Cipta untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP UNY

Suparman, Atwi. (2001). Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PAU PPAI Universitas Terbuka.

Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.71

Veirissa, A. H. (2021). Kualitas Guru di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4, 267–272. https://proceeding.unnes.ac.id/index.p hp/snpasca/article/view/861

Wijayanti, Inggit Dyaning. (2011). Peningkatann Pendidikan Berbasis ICT. UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter