PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS GAME INTERAKTIF UNTUK EDUKASI SEKSUAL ANAK SD NEGERI PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN

Mifta Adila Hartanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ariyawan Agung Nugroho, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini mengembangkan multimedia berbasis game interaktif sebagai media pembelajaran edukasi seksual bagi anak SD Negeri Purwomartani yang valid secara materi dan media. Pemahaman anak mengenai menjaga bagian tubuh pribadi masih kurang karena keterbatasan metode serta media pembelajaran yang inovatif. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Alessi dan Trollip (2001), melalui tiga tahap utama yaitu tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Subjek penelitian meliputi peserta didik kelas V dan guru di SD Negeri Purwomartani. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket validasi ahli materi dan media, dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penilaian validasi menunjukkan kategori sangat layak tanpa revisi, sehingga media ini dinyatakan valid secara materi dan media. Penelitian merekomendasikan uji coba lapangan untuk menilai efektivitas dan dampak dari penggunaan game interaktif dalam edukasi seksual anak.


Full Text:

PDF

References


Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for learning: Methods and development. Allyn and Bacon.

Nur Arsyad, S., Tangkin, W. P., Sumartono, S., & Astuti, B. (2024). Implications of Bruner’s cognitive theory on elementary school education in the 21st century. Klasikal : Journal of Education, Language Teaching and Science, 6(3), 697–704. https://doi.org/10.52208/klasikal.v6i3.1225

Azzahra, Q. M. (2020). Pendidikan seksual bagi anak usia dini : “My bodies belong to me". Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 4(1), 77–86. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.736

Bruner, J. S. (1966). Toward a theory of instruction. Harvard University Press.

Gerda, M. M., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2022). Efektivitas aplikasi sex kids education untuk mengenalkan pendidikan seks anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3613–3628. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2170

Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak. (2025). Data korban kekerasan. SIMFONI PPA (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan Dan Anak). https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning: Second edition (Second, Vol. 3, Issue 1). Cambridge University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9780511811678

Munawir, M., Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran media interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 9(1), 63–71. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828

Rahayu, N. W. G. W., Suparta, I. N., & Parwati, N. N. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-komik berorientasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep aritmatika sosial. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 2614–2015.

Rimawati, E., & Nugraheni, S. (2019). Metode pendidikan seks usia dini di Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 13(1), 20–27. Retrieved from http://jurnal.fkm.unand.ac.id/index.php/jkma/

Rossytawati, R., Muhtadi, A., & Budiningsih, A. (2023). Development of an e-module learning “sexual education for early childhood” to increase adult understanding in protecting children from sexual harassment. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 8(2), 1546–1557. www.ijisrt.com

Satriawan, N., Andreswari, D., & Saleha, N. (2022). Pengembangan media interaktif sexual education for children berbasis android sebagai bekal perlindungan diri dari sexual abuse. Jurnal Rekursif, 10(2), 107–121. https://ejournal.unib.ac.id/rekursif/article/view/23219%0Ahttps://ejournal.unib.ac.id/rekursif/article/download/23219/11187

Supit, E., Pantow, A., Karamoy, P., & Y Aditama, M. H. (2023). Kurangnya sex education karena persepsi-persepsi negatif di lingkup masyarakat. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(1), 101. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i1.4343

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif (1st ed.). UNY Press.

WHO. (2023). Comprehensive sexuality education. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/questions-and-answers/item/comprehensive-sexuality-education


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter