PENGEMBANGAN APE LABIRIN BERHITUNG (LABITUNG) UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI PUREN SLEMAN

Ahmad Zhofari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sungkono Sungkono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk APE LABITUNG yang layak dan praktis untuk kelas II SD Negeri Puren Sleman. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE menurut Branch (2009) yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Puren Sleman dengan subjek penelitian 1 orang guru matematika dan 30 orang siswa kelas II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan panduan observasi, panduan wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik mean atau rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudah menghasilkan APE LABITUNG yang layak dan praktis. Kelayakan APE LABITUNG menurut ahli materi ”Sangat Layak” dengan skor rata-rata 4.9 dan ahli media ”Sangat Layak” dengan skor rata-rata 4.7. Begitu juga hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa LABITUNG menurut guru ”Sangat Praktis” dengan skor rata-rata 4.9 dan menurut siswa ”Sangat Praktis” dengan skor rata-rata 0.89.


Full Text:

PDF

References


Amanda, D. T., & Sundari, R. (2024). Pengembangan APE ‘Super Pyramid’ dalam Menstimulus Kemampuan Berhitung dan Mengenal Warna Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 5, 453–467.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (1 ed.). Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-0-387- 09506-6

Espinoza-Espinosa, D., Jadán-Guerrero, J., Santorum, M., & Nunes, Isabel. L. (2022). Learning Based on Board Game to Inspire Mathematical Thinking. Human Factors and Systems Interaction, 52. https://doi.org/10.54941/ahfe1002173

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIPAI; Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Mariamah, M., Ratnah, R., Katimah, H., Rahman, A., & Haris, A. (2021). Analysis of Students’ Perceptions of Mathematics Subjects: Case studies in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1933(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1933/1/012074

Sumardi, L., Rohman, A., & Wahyudiati, D. (2020). Does the teaching and learning process in primary schools correspond to the characteristics of the 21st century learning? International Journal of Instruction, 13(3), 357–370. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13325a

Wardani, I. U., Ardana, I. M., Suma, K., Margunayasa, I. G., & Sanjaya, D. B. (2024). Mathematical Process Skills and Students’ Interest in Learning Mathematics through Traditional Games. Pakistan Journal of Life and Social Sciences, 22(2), 1443–1462. https://doi.org/10.57239/PJLSS-2024- 22.2.00102

Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023).Permasalahan Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 271–277. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.187


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter