PENGARUH E-TRAINING TERHADAP PEMAHAMAN JURNALISME DATA BAGI PESERTA PELATIHAN GOODSTATS WRITING CAMP DI GNFI

Pierre Rainer Pandapotan Pasaribu, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh E-Training GoodStats Writing Camp terhadap pemahaman jurnalisme data para pesertanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan ex post facto yang dilaksanakan secara daring. Sumber data adalah satu mentor dan 24 peserta dari tiga angkatan pertama GoodStats Writing Camp yang dipilih melalui convenience sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-training berpengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman jurnalisme data peserta. Peningkatan ini terbukti melalui kemampuan peserta dalam tujuh aspek pemahaman Taksonomi Bloom: menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, merangkum, menyimpulkan, membandingkan, dan menjelaskan. Pendekatan praktik langsung (learning by doing), kurikulum yang relevan, penggunaan tools visualisasi yang ramah pengguna, dan pendampingan mentor menjadi faktor keberhasilan pelatihan.

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision Of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives: Complete Edition. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Andrade, C. (2021). The Inconvenient Truth About Convenience and Purposive Samples. Indian Journal of Psychological Medicine, 43(1), 86-88.

Diva, A. S., & Hikmawan, R. (2023). Pemanfaatan Metode E-Learning Sebagai Sarana Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Perusahaan (studi literatur)

Fahimah, N. (2023). Model E-Training Kompetensi Tenaga Pendidik Paud di Purwasukasi (Purwakarta, Karawang, Subang, Bekasi) Provinsi Jawa Barat. Universitas Pendidikan Indonesia.

Januszewski, A., Molenda, M., & Association for Educational Communications and Technology. (2008). Educational technology: A definition with commentary. New York: Routledge.

Litbang Kompas. (2024). Generasi Z Lebih Susah Cari Kerja.

Populix. (2024). Bridging the Gap: Understanding Job Mismatch in Today's Workforce.

Schulze, T. (2015). Data Journalism, Millennials & Social Networks. Repositório Institucional - Universidade Fernando Pessoa.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

World Economic Forum. (2025). Future of Jobs Report 2025.

Yuningsih, Y., & Rejeki, P. W. A. (2021). Kompetensi Peserta Pelatihan Sebelum dan Saat Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Latsar CPNS. Jurnal Administrasi Publik, 17(1), 1-36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter