EVALUASI PELATIHAN BIDIK ILMU TERHADAP MEDIA VIRTUAL MATEMATIKA OLEH GURU SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pelatihan Program Bidik Ilmu BBGP DIY terhadap pemanfaatan media manipulatif virtual dalam pembelajaran matematika oleh guru sekolah dasar, serta menelaah persepsi siswa dan pandangan kepala sekolah setelah pelatihan. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan empat bulan pascapelatihan dari 25 guru, 29 siswa, dan 2 kepala sekolah melalui angket dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar guru (72%) dan siswa (82,76%) menilai pemanfaatan media dalam kategori sedang, sementara kepala sekolah menganggap pelatihan relevan dan bermanfaat. Secara keseluruhan, pelatihan memberikan dampak positif, namun implementasinya masih memerlukan dukungan lebih lanjut dari sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic literature review: efektivitas pendekatan pendidikan matematika realistik pada pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197.
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25–37.
Bintari, U. R. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di SMPN 1 Balaraja (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan guru pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).
Hasratuddin, H. (2023). Permasalahan Pembelajaran Matematika Sekolah dan Alternatif Penyelesaiannya. Jurnal Pythagoras, 2(2), 88–95.
Musfah, J. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Jakarta: Kencana.
Palennari, M., Rachmawaty, R., Saparuddin, S., Saleh, A. R., & Jamaluddin, A. B. (2023). Pelatihan Pembelajaran Inovatif Abad 21 Bagi Guru SMP Negeri 2 Galesong Utara. Jurnal IPMAS, 3(2), 66–74.
Putri, K., Ismana, O., & Wibowo, T. U. S. H. (2024). Peranan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sejarah bagi Generasi Z. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(3), 48–59.
Rochat, P. (2023). The Evolution of developmental theories since Piaget: A metaview. Perspectives on Psychological Science, 17456916231186611.
Sawitri, D., & Syahrir, S. (2023). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal JIME, 2(1), 45–52.
Sugiono, S., & Latief, H. J. (2023). Strengthening Teacher Capacity in the Use of Interactive Learning Media. PUNDIMAS: Publikasi Kegiatan Abdimas, 2(3), 100–105.
Sulistyawati, E., Puspitasari, D., Saidah, Z. N., & Rofiqoh, I. (2021). Manipulative Learning Media Based on STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) to improve student learning outcomes. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 9(1), 1–13.
Conny R. Semiawan. (2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah dasar. Jakarta: PT Indek.
Refbacks
- There are currently no refbacks.