KOMPETENSI DOSEN JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Julian Rizki Aziz, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi dosen Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta dalam pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu dosen dan mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini antara lain: 1) Dosen telah menguasai karakteristik mahasiswanya dengan cara yang beragam, 2) Dosen telah menguasai teori belajar dan pembelajaran dengan baik yang dilihat dari penerapan teori belajar yang kompleks, 3) Dosen menyusun RPS dan silabus sesuai dengan kurikulum yang dirancang, 4) Dosen belum sepenuhnya dapat mengelola pembelajaran dengan efektif, 5) Dosen telah menganalisis potensi pembelajaran dan menganalisis hasil pembelajaran, namun untuk identifikasi yang terkait bakat dan minat tidak dilakukan, 6) Strategi komunikasi yang diterapkan dosen dalam proses pembelajaran berlangsung sebagaimana komunikasi sewajarnya. Hal ini ditandai dengan adanya partisipasi aktif antara dosen dan mahasiswa, dan 7) Penilaian dan evaluasi dosen dilakukan dalam berbagai cara. Alat penilaian selalu sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan di awal.
Kata kunci: Kompetensi, Dosen
Abstract
This research aimed to find out the competence of lecturer in the departement of curriculum and educational technology, Yogyakarta State University in managing learning. This research was descriptive qualitative research. The subjects in this research were lecturers and students in the Departement of Curriculum and Educational Technology, Yogyakarta State University. The method of data collection was used observation, interview, and documentation. The analytical technique applied collecting data, reducing data, displaying data and concluding. However, the validation step used triangulation of source and technique. The results showed that: 1) Lecturers have mastered student characteristic with various approaches, 2) Lecturers have mastered studying and learning theory successfully based on the implementation of complex studying theory, 3) Lecturer arranged RPS and syllabus based on planned curriculum, 4) Lectures have not fully been able to manage the effective learning, 5) Lecturers have analyzed the potential learning and outcomes, but in the other hand, for identification of related talents and interest were not done yet, 6) Communication strategies applied by lecturers in learning goes naturally. It was indicated by the active participation between lecturers and students, and 7) The assessment and evaluation were carried out in various ways. The assessment tool is always in accordance with the learning objectives set at the beginning.
Keyword: Competence, Lecture

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter