EFEKTIVITAS PELATIHAN PARENTING METODE STUDI KASUS TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN POLA PENGASUHAN BAGI ORANG TUA SISWA KELAS III A SDN DERESAN YOGYAKARTA

Lina Maulani Ikhsan, Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelatihan parenting metode studi kasus terhadap peningkatan pemahaman pola pengasuhan bagi orang tua siswa kelas III A SDN Deresan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara dengan teknik analisis statistik inferensial nonparametris Chi Kuadrat dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan parenting metode studi kasus efektif meningkatkan pemahaman pola pengasuhan bagi orang tua siswa kelas III A SDN Deresan Yogyakarta. Efektivitas pelatihan parenting metode studi kasus terhadap peningkatan pemahaman pola pengasuhan ini berdasarkan hasil uji Chi Kuadrat yang memiliki nilai nilai Asymp. Sig 0,035 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikansi antara hasil pre-test dan post-test. Serta pelatihan parenting metode studi kasus mencapai semua indikator program pelatihan efektif.
Kata kunci: pelatihan, metode studi kasus, pola pengasuhan

Abstract
This research aims to determine the effectiveness of parenting training case study method on improving understanding of parenting patterns for parents of grade III A SDN Deresan Yogyakarta. This research uses quantitative approach with experimental method. The type of research to be conducted in this study is pre-experimental with one group pretest-posttest design. Data analysis techniques used are nonparametric inferential statistics with Chi Square to know the significance of improved understanding of parenting patterns and descriptive statistical analysis.The results of the research showed that parenting training on effective case study methods improved the understanding of parenting patterns for parents of grade III A students of SDN Deresan Yogyakarta. The effectiveness of parenting training on case study methods on improving understanding of parenting patterns is based on Chi Square test results that have Asymp value value. Sig 0.035 <0.05, so there is a significant difference between pre-test and post-test results. As well as parenting training case study methods achieve all indicators of effective training programs.
Keywords: training, case study method, parenting pattern


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter