FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Asep Irpan Nugraha, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui seberapa tinggi penggunaan smartphone dan faktor yang memperngaruhi penggunaan smartphone dalam aktivitas belajar di kalangan mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi teknik analisis deskriptif, regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penggunaan smartphone oleh mahasiswa termasuk kedalam kategori Heavy Users (lebih dari 6 jam per hari); 2) Faktor lingkungan berpengaruh positif terhadap penggunaan smartphone dalam aktivitas belajar mahasiswa; 3) Faktor perilaku akses memiliki pengaruh positif terhadap penggunaan smartphone dalam aktivitas belajar; 4) Terdapat pengaruh positif antara faktor minat baca dengan penggunaan smartphone dalam aktivitas belajar; 5) Faktor lingkungan, perilaku pengguna dan minat baca secara bersama-sama memiliki hubungan signifikan terhadap penggunaan smartphone dalam aktivitas belajar sebesar 24,6%. Hasil tersebut menunjukan bahwa mahasiswa menggunakan smartphone dalam aktivitas belajar cukup tinggi. Lingkungan, perilaku akses, serta minat baca mempengaruhi penggunaan smartphone dalam aktivitas belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Kata kunci : smartphone, aktivitas belajar, lingkungan, perilaku akses, minat baca.

Abstract
This study aims to determine how high the use of smartphones and factors that affect the use of smartphones in learning activities among students of Education Technology State University of Yogyakarta. This research is an survey research with quantitative approach. Data analysis techniques in this study include descriptive analysis techniques, simple regression and multiple regression. The results showed that: 1) The use of smartphones by students included into the category of Heavy Users (more than 6 hours per day); 2) Environmental factors positively affect the use of smartphones in student learning activities; 3) Access behavior factors have a positive influence on the use of smartphones in learning activities; 4) There is a positive influence between reading interest factor and smartphone usage in learning activity; 5) Environmental factors, user behavior and reading interest together have a significant relationship to the use of smartphones in learning activities of 24.6%. These results show that students use smartphones in learning activity is quite high. Environment, access behavior, and reading interest affect the use of smartphones in student learning activities Education Technology Yogyakarta State University.
Keywords : smartphones, learning activities, environment, access behavior, reading interest


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter