Refleksi Kesadaran Guru PJOK Se-Kecamatan Depok, Sleman Terhadap Potensi Risiko di Perairan dan Implementasinya Dalam Pembelajaran
Muhammad Hamid Anwar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui refleksi kesadaran guru PJOK se-Kecamatan Depok, Sleman terhadap potensi risiko di perairan dan implementasinyadalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Subjek penelitian diperoleh melalui teknik purposive sampling yaitu guru PJOK se-Kecamatan Depok, Sleman. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif milik Miles, Huberman, dan Saldana dengan langkahnya yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru PJOK yang terlibat dalam partisipan ini telah memiliki kesadaran yang cukup akan risiko yang ditimbulkan dengan sekian banyaknya daerah perairan yang melingkupi kehidupan peserta didik. Oleh karena itu, para guru juga menyadari pentingnya penguasaan kompetensi akuatik pada siswa. Namun, sekian banyak kendala muncul/ditemui dalam proses implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani; baik itu dari sarana dan prasarana serta dukungan pembiayaan serta kebijakan. Sehingga, pelaksanaan implementasi akuatik dalam pembelajaran masih terbatas, rata-rata dalam bentuk teori di kelas dan juga pengadaan ekstrakurikuler pilihan di sekolah.
Keywords
References
Bompa, Tudor. 1990. Theory and Metodology of Training. Departement ofPhysical Education Yodek University, Toronto, Canada.
Cesari, J. (2001). Teaching infant and preschool aquatics: Water experiences the australian way. Human Kinetics 1.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). SAGE Publications.
Nurkadri, Suharta, A., Sitepu, I. D., Silwan, A., Nur, F. H., Akbar, T.,
Gunri, R. N., & Muslimin. (2023). General Preparatory Exercise Program Based on Android Tennis Sports.
International Journal of Human Movement and Sports Sciences,
11(1), 112–117.
https://doi.org/10.13189/saj.202
110113
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan
Dasar, 4(1), 29-39.
Suryobroto, A. S. (2004). Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani.
Yogyakarta: FIK-UNY.
Yusuf, S. (2012). Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v5i2.22538
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Putri Galuh Anggun Sandra Fatimah, Muhammad Hamid Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.