Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi Mata dan Kaki Terhadap Ketepatan Long Pass
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan pengaruh yang signifikan metode latihan terhadap ketepatan long pass; (2) perbedaan pengaruh yang signifikan pemain yang mempunyai koordinasi tinggi terhadap ketepatan long pass; dan (3) interaksi yang signifikan antara metode latihan dan koordinasi terhadap ketepatan long pass. Metode penelitian eksperimen faktorial 2x2. Sampel berjumlah 20 siswa. Instrumen koordinasi menggunakan Soccer Wall Volley Test, ketepatan long passing menggunakan tes passing lambung Bobby Charlton. Teknik analisis data ANAVA α= 0,05. Hasil menunjukkan: (1) ada perbedaan pengaruh metode latihan terhadap long passing, terbukti F=4,738, metode latihan long pass sasaran berubah lebih baik dibandingkan metode latihan long pass sasaran tetap; (2) ada perbedaan pengaruh koordinasi tinggi dan rendah terhadap long pass, terbukti F=8,569, koordinasi tinggi lebih baik daripada rendah; dan (3) ada interaksi antara metode latihan dan koordinasi mata dan kaki terhadap long pass, terbukti nilai F=25,290.
Keywords
References
Bompa, O.T. (1994). Theory and methodology of training. Toronto: Kendall/ Hunt Publishing Company.
Burcak, K. (2015). The effects on soccer passing skills when warming up with two different sized soccer balls.,Vol. 10(22), pp. 280-2868
Edward, W.H. (2011). Motor learning and control: from theory to practice. Sacramento: California State University.
Herwin. (2004). Pembelajaran keterampilan sepakbola dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Lutan, R. (2002). Dasar-dasar kepelatihan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mardhika, R & Dimyati. (2015). Pengaruh latihan mental dan keyakinan diri terhadap keberhasilan tendangan penalti pemain sepak bola. Jurnal Keolahragaan. Vol. 3 (1). http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/4973.
Miller, P.W. (2008). Measurement and teaching. USA: Patrick W. Miller and Associates.
Nasution, I. E & Suharjana. (2015). Pengembangan Model Latihan Sepakbola Berbasis Kelincahan dengan Pendekatan Bermain. Jurnal Keolahragaan. Vol. 3 (1). http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/
Nossek, Y. (1995). Teori umum latihan. (M. Furqon: Terjemahan). Surakarta: Sebelas Maret University. Buku asli diterbitkan tahun 1992. General Theory of Training. Logos: Pan African Press Ltd.
Sajoto, M. (1995). Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dan Olahraga. Semarang: Dahara Prize.
Scheunemann, T. (2012). Kurikulum & pedoman dasar sepak bola Indonesia. Jakarta: PSSI.
Sudjana, N. (2009). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sukadiyanto. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: CV Lubuk Agun
DOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v5i2.20112
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Andika Wahyu Utomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.