Meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas ix kebanggaan SMPN 6 Palu pada pembelajaran PJOK dengan menggunakan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya motivasi belajar yang ditemukan pada peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Rendahnya tingkat motivasi tersebut mempengaruhi proses pembelajaran, sehingga berdampak pada hasil yang kurang optimal. Pendekatan ini diyakini dapat membantu menyesuaikan materi pembelajaran dengan tingkat kemampuan peserta didik, sehingga dapat merangsang minat dan motivasi mereka untuk lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK, Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengimplementasikan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas IX Kebanggaan SMP N 6 Palu dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang sebagai subjek. Teknik pengumpulan data dan analisis menggunakan kuantitatif persentase. Hasil penelitian siklus I persentase motivasi belajar pada mata pelajaran PJOK untuk dimensi pertama, yaitu "Perhatian" mencapai 54% dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran. Untuk dimensi kedua, yaitu "Ketekunan," sebanyak 57% peserta didik menunjukkan motivasi tersebut, sementara untuk dimensi ketiga, yaitu "Keterlibatan" sebanyak 34% peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran PJOK. Pada siklus II Penelitian dimensi pertama, yaitu "Perhatian," mencapai 86% dari peserta didik yang terlibat. Pada dimensi kedua, yaitu "Ketekunan," sebanyak 91% peserta didik menunjukkan motivasi, sementara pada dimensi ketiga, yaitu "Keterlibatan," sebanyak 83% peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran PJOK. Dibandingkan dengan data pada siklus I, terlihat adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik pada siklus II.
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Citra Beauty, T. R., Nurhasan, N., & Syam Tuasikal, A. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 499–507. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1499
Kapti, J., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 258–267. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p258-267
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/JARTIKA.V3I2.268
Penelitian, J., Ketut, N., Suarti, A., & Astuti, F. H. (2023). Jurnal Teknologi Pendidikan : dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Jurnal Teknologi Pendidikan : Pendahuluan Istilah teaching at the right level ( TaRL ) sebetulnya dikenalkan pertama kali oleh kurang . Negara-negara lain juga telah mengemb. 8(2), 470–479.
Prof., D. sugiyono. (2011). prof. dr. Sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive ).pdf. In Bandung Alf (p. 143).
Ridzky Aryandi, M., & Usman, A. (2024). Global Journal Sport Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Pendekatan Teaching at The Right Level Pada Mata Pelajaran PJOK. 2, 1–8.
Salahudin, S., Ewan Irawan, & Furkan, F. (2024). The Role of Physical Education and Sports in Shaping the Nation’s Character. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.59923/champions.v2i1.91
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
DOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v6i2.22799
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Akbar Papilaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.

