PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA SMP KELAS VIII LEARNING DEVICE DEVELOPMENT WITH PROBLEM SOLVING APPROACH TO IMPROVE COMPREHENSIVE SKILL OF THE CONCEPT OF POLYHEDRAL OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS GRADE EIGHT
Marsigit Marsigit, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS
menggunakan Pendekatan Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada
materi bangun ruang sisi datar siswa SMP kelas VIII. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk
mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan,
kepraktisan dan keefektivan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang
meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap analysis terdiri dari: a)
analisis kebutuhan; b) analisis kurikulum; dan c) analisis karakteristik siswa. Tahap design terdiri dari: a)
perancangan RPP; b) perancangan LKS; c) perancangan instrumen dan validasi instrumen penilaian
perangkat pembelajaran. Pada tahap development dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran serta
validasi. Pada tahap implementation terdiri dari: a) ujicoba perangkat pembelajaran; b) tes pemahaman
konsep; c) pengisian lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; d) pengisian angket respons siswa;
e) analisis data. Pada tahap evaluation dilakukan revisi perangkat pembelajaran.
Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS menggunakan pendekatan
Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi
datar siswa SMP kelas VIII. Hasil penilaian perangkat pembelajaran yang dilakukan menunjukkan bahwa
RPP yang dikembangkan sangat baik dengan skor 66,50. Sedangkan LKS yang dikembangkan,
berdasarkan ahli materi adalah Sangat baik dengan skor 43 dan ahli media adalah sangat baik dengan skor
52. Dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan valid karena memenuhi klasifikasi minimal
“Baik,” Berdasarkan lembar keterlaksanaan pembelajaran diperoleh presentase keterlaksanaan sebesar
80% dengan klasifikasi “Baik,” angket respon dengan skor 67,14 dengan klasifikasi “Baik.” Dengan
demikian perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena memenuhi klasifikasi minimal “Baik”.
Analisis hasil pre-test dan post-test menunjukkan perangkat pembelajaran efektif meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematika karena rata-rata post-test dengan nilai 77,96 lebih besar dari
rata-rata pre-test dengan nilai 39, serta persentase ketuntasan post-test sebesar 70,37% dengan klasifikasi
“Baik.”
Kata kunci: perangkat pembelajaran, Problem Solving, Pemahaman Konsep, Bangun ruang sisi datar
Abstract
This research aims to produce learning materials in form of lesson plans and worksheets using
Problem Solving approach to improve comprehensive skill of concept of Polyhedral of junior high school
students grade eight. In addition, this research also aims to describe the developed learning materials
quality in terms of the aspect of validity, practicability and effectiveness.
This research is the development research of ADDIE development model which includes analysis,
design, development, implementation, and evaluation. Stage of analysis consists of: a) analysis of needs;
b) analysis of the curriculum; and c) analysis of the characteristics of the students. Stage of design
consists of: a) designing lesson plans; b) designing worksheets; c) designing instruments and validating
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Edisi ... Tahun ..ke.. 20... 4
assessment instruments of the learning device. At the development stage, learning instruments
development and validation was done. Implementation stage consists of: a) testing the learning device; b)
testing concepts comprehension; c) filling the implementative learning observation sheets; d) filling the
questionnaire of students’ responses; e) analysis of the data. At the evaluation stage, learning device was
revised.
This research produced learning materials in form of lesson plans and worksheets using Problem
Solving approach to improve comprehensive skill of concept of Polyhedral of junior high school students
grade eight. The results of the learning device assessment showed that the developed lesson plans was
very good with the score of 66.50. While the developed worksheets, based on some material experts was
very good with the score of 43 and some media experts was very good with the score of 52. Thus, the
learning materials considered valid because they meet the minimum classification "Good," Based on the
implementative learning sheets obtained the implementative percentage of 80% with the classification
"Good," the questionnaire of responses with the score of 67.14 with the classification "Good." Thus, the
learning materials considered practical because they meet the minimum classification "Good". The
analysis of pre-test and post-test result showed the learning materials was effective for improving
mathematical concept understanding because the average post-test with the value of 77.96, bigger than
the average pre-test with the value of 39, as well as the percentage of post-test completeness of 70.37%
with the classification "Good.
Keywords: Learning Materials, Problem Solving, Concepts Comprehension, Polyhedral.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS
menggunakan Pendekatan Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada
materi bangun ruang sisi datar siswa SMP kelas VIII. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk
mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan,
kepraktisan dan keefektivan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang
meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap analysis terdiri dari: a)
analisis kebutuhan; b) analisis kurikulum; dan c) analisis karakteristik siswa. Tahap design terdiri dari: a)
perancangan RPP; b) perancangan LKS; c) perancangan instrumen dan validasi instrumen penilaian
perangkat pembelajaran. Pada tahap development dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran serta
validasi. Pada tahap implementation terdiri dari: a) ujicoba perangkat pembelajaran; b) tes pemahaman
konsep; c) pengisian lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; d) pengisian angket respons siswa;
e) analisis data. Pada tahap evaluation dilakukan revisi perangkat pembelajaran.
Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS menggunakan pendekatan
Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi
datar siswa SMP kelas VIII. Hasil penilaian perangkat pembelajaran yang dilakukan menunjukkan bahwa
RPP yang dikembangkan sangat baik dengan skor 66,50. Sedangkan LKS yang dikembangkan,
berdasarkan ahli materi adalah Sangat baik dengan skor 43 dan ahli media adalah sangat baik dengan skor
52. Dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan valid karena memenuhi klasifikasi minimal
“Baik,” Berdasarkan lembar keterlaksanaan pembelajaran diperoleh presentase keterlaksanaan sebesar
80% dengan klasifikasi “Baik,” angket respon dengan skor 67,14 dengan klasifikasi “Baik.” Dengan
demikian perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena memenuhi klasifikasi minimal “Baik”.
Analisis hasil pre-test dan post-test menunjukkan perangkat pembelajaran efektif meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematika karena rata-rata post-test dengan nilai 77,96 lebih besar dari
rata-rata pre-test dengan nilai 39, serta persentase ketuntasan post-test sebesar 70,37% dengan klasifikasi
“Baik.”
Kata kunci: perangkat pembelajaran, Problem Solving, Pemahaman Konsep, Bangun ruang sisi datar
Abstract
This research aims to produce learning materials in form of lesson plans and worksheets using
Problem Solving approach to improve comprehensive skill of concept of Polyhedral of junior high school
students grade eight. In addition, this research also aims to describe the developed learning materials
quality in terms of the aspect of validity, practicability and effectiveness.
This research is the development research of ADDIE development model which includes analysis,
design, development, implementation, and evaluation. Stage of analysis consists of: a) analysis of needs;
b) analysis of the curriculum; and c) analysis of the characteristics of the students. Stage of design
consists of: a) designing lesson plans; b) designing worksheets; c) designing instruments and validating
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Edisi ... Tahun ..ke.. 20... 4
assessment instruments of the learning device. At the development stage, learning instruments
development and validation was done. Implementation stage consists of: a) testing the learning device; b)
testing concepts comprehension; c) filling the implementative learning observation sheets; d) filling the
questionnaire of students’ responses; e) analysis of the data. At the evaluation stage, learning device was
revised.
This research produced learning materials in form of lesson plans and worksheets using Problem
Solving approach to improve comprehensive skill of concept of Polyhedral of junior high school students
grade eight. The results of the learning device assessment showed that the developed lesson plans was
very good with the score of 66.50. While the developed worksheets, based on some material experts was
very good with the score of 43 and some media experts was very good with the score of 52. Thus, the
learning materials considered valid because they meet the minimum classification "Good," Based on the
implementative learning sheets obtained the implementative percentage of 80% with the classification
"Good," the questionnaire of responses with the score of 67.14 with the classification "Good." Thus, the
learning materials considered practical because they meet the minimum classification "Good". The
analysis of pre-test and post-test result showed the learning materials was effective for improving
mathematical concept understanding because the average post-test with the value of 77.96, bigger than
the average pre-test with the value of 39, as well as the percentage of post-test completeness of 70.37%
with the classification "Good.
Keywords: Learning Materials, Problem Solving, Concepts Comprehension, Polyhedral.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i3.2608
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia