ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PADA MODEL 9E LEARNING CYCLE BERPENDEKATAN STEAM

Siti Kholifah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran dengan model  9E Learning Cycle berpendekatan STEAM siswa kelas VII SMP N 8 Semarang dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dari tiap tipe kepribadiannya. Jenis penelitian ini adalah mix method. Pemilihan subyek penelitian dengan menggunakan tes inventori. Hasil tes inventori tipe kepribadian dari 35 siswa yang mengikuti tes diperoleh 19 siswa guardian, 4 siswa artisan, 4 siswa rational, 5 siswa idealist dan 3 siswa bertipe ganda yaitu artisan dan guardian. Subyek diambil satu dari masing-masing tipe yaitu guardian, artisan, rational, dan idealist. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah Tes Kemampuan Komuniasi Matematis (TKKM) dan wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator yaitu: (1) representasikan ide visual (IKKM 1), (2) penggunaan notasi matematika (IKKM 2), (3) pemahaman konsep matematis (IKKM 3), dan (4) keruntutan serta penarikan kesimpulan dengan bahasa sendiri (IKKM 4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan model 9E Learning Cycle berpendekatan STEAM berkualitas baik secara kualitatif maupun kuantitatif; (2) Hasil deskripsi komunikasi tiap-tiap tipe kepribadian yaitu siswa guardian menguasai IKKM 1, 2, 3, dan 4. Siswa artisan kurang menguasai IKKM 1 dan 2,  sedangkan IKKM 3 kurang pada penggunaan rumus, pada IKKM 4 subyek mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, namun masih kurang dalam memberikan kesimpulan. Siswa rational menguasai IKKM 1, masih kurang menguasai IKKM 2, mampu memberikan jawaban dengan benarpada IKKM 3, namun kurang pada penulisan rumus serta kesesuaian penggunaan rumus, mampu menyelesaikan soal secara runtut, namun cenderung singkat dan sederhanapada IKKM 4. Siswa idealist mampu menguasai IKKM 1, 3 dan 4, namun kurang pada IKKM 2.

Keywords


komunikasi matematis; tipe kepribadian; 9E learning cycle; STEAM

Full Text:

PDF

References


Armiati. 2009. “Komunikasi Matematis dan Kecerdasan Emosional”. Prosiding. FMIPA: UNY.

Baroody, A. et al. 1998. Fostering Children’s Matheatical Power: An Investigative Approach to K-8 Mathematics Instruction. Routledge.

Ceylan, S., & OZdilek, Z. 2015. “Improving a Sample Lesson for Secondary Science Courses within the STEM Education”.Procedia. No. 177. pp. 223-228.

Creswell, J.W. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dass, M. P., 2015. Teaching STEM Effectively with the Learning Cycle Approach. K-13 STEM Approach. Vol. 1, No. 1, pp. 5-12.

Danielson, C. 2013. The Framework for Teaching Evaluation Instrument. Virginia:Association for Supervision andCurriculum Development.

Dewiyani, M. J. 2009. “Karakteristik Proses Berpikir Siswa dalam Mempelajari Matematika Berbasis Tipe Kepribadian”.Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. UNY. Yogyakarta.

Fachrurazi. 2011. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011. Hal 76-89.

Husna, M. Ikhsan, Fatimah, S. 2013. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS)”. Jurnal Peluang. I(2). Hal. 81-92.

Iis, S. E. R. 2014. “Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika”. Dalam H.E.T. Ruseffendi, dkk (Rev), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Siliwangi. Bandung, Bandung. Vol.1: 152-156.

Kaur, P., & Gakhar, A. 2014. “9E model and e-learning methodologies for the optimisation of teaching and learning”. In MOOC, Innovation and Technology in Education (MITE), IEEE International Conference on (pp. 342-347). IEEE.

Keirsey, D. 1998. Please Understand Me II. United States: Prometheus Ne¬mesis Books.

Kholifah, S., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2024). Student’s Mathematics Communication Skill by Reading Comprehension Skill on Solving Word Problem. AIP Conference Proceedings, 080005, 080005–1–080005–5. https://doi.org/https://doi.org/10.1063/5.0133790

Laksana, I. W., dkk. 2016. “Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar Matematis dan Tipe Kepribadian”. Jurnal. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Mahmudi, A. 2009. “Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika”. MIPMIPA UNHALU. 8(1), Hal. 3.

Masrukan, Susilo, B. E, & Pertiwi, A. D. 2015. “Analysis of Mathematical Communication Ability through 4K Model Based on 7th Graders’ Personality Types”. International Journal of Education and Research, Vol 3, No. 7.

Mufarrihah, I., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. 2016. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika berdasarkan Tipe Kepribadian Siswa”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. UNS.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.

OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Pertiwi, A. D., Masrukan, & Susilo, B. E. 2014. “Analisis Kemampuan Komunikasi Melalui Pembelajran Model 4K Berdasarkan Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas VII”. Jurnal Kreano, Vo. 5, No. 2, FMIPA: Unnes.

Priambodo, A. S., et al., 2014, “Keefektifan Learning Cycle Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis”. Unnes Journal of Mathematics Education 2. Semarang.

Ramdani, Y., 2012, “Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Unisba. Vol. 13, No. 1.

Serio, M. 2014. Enganging Students in Mathematical Communication: Teaching for Understanding, University of Toronto.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Yakman, G. 2008. “ST∑@M Education: An Overview of Creating A Model of Integrative Education. Pupils Attitudes Towards Technology”. Annual Proceedings. Netherlands.

¬_______, G., Lee, H. 2012. “Exploring the Exemplary STEAM Education in the US as a Practical Educational Framework for Korea”. J Korea Assoc. Sci, Edu. Vol. 32, No. 6, pp. 1072-1086.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i2.21910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia