ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH REALISTIK PADA MATERI PELUANG

Erina Septi Purwandani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Endah Retnowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis - jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal numerasi masalah matematika realistik materi peluang di salah satu SMP Negeri di Pakem berdasarkan metode Newman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri di Pakem yang sebelumnya sudah pernah mendapatkan materi mengenai peluang dan dalam pembelajaran matematika sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan purposive sampling yaitu siswa kelas IX A dan IX B yang berjumlah 63 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan metode analisis kesalahan Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang paling sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal numerasi masalah matematika realistik materi peluang di sebuah SMP di Pakem adalah kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error) sebesar 35,51% , kemudian kesalahan memahami (comprehension error) sebesar 31,59%, kesalahan transformasi (transformation error) sebesar 18,08%, kesalahan keterampilan proses (process skill error) sebesar 12,85%, dan jenis kesalahan yang paling sedikit dilakukan siswa adalah kesalahan membaca (reading) sebesar 1,96%.

Kata Kunci : Jenis Kesalahan Siswa, Masalah Realistik, Metode Newman, Materi Peluang.


References


Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of students’ errors in solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) problems for the topic of fraction. Asian Social Science, 11(21), 133–142.https://doi.org/10.5539/ass.v11n21p133

Chusnul, Rr. C., Mardiyana, & Retno, D. S. (2017). Errors Analysis of Problem Solving Using The Newman Stage After Applying Cooperative Learning of TTW Type. International Conference and Workshop on Mathematical Analysis and its Applications, AIP Conf. Proc. 1913, 020028-1–020028-7.

Jamal, F. (2014). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Maju, 1(1), 269982.

Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta : Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Napfiah, S., & Sulistyorini, Y. (2020). Errors Analysis in Understanding Transformation Geometry Through Concept Mapping. International Journal of Research in Education, 1(1), 6–15. https://doi.org/10.26877/ijre.v1i1.5863

Nursyamsi, T., Baharullah, B., & Quraisy, H. (2022). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Literasi Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Handayani, 13(2), 179. https://doi.org/10.24114/jh.v13i2.29757

OECD. (2018). PISA Result in Focus.

Rahmawati, D., & Permata, L.D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linier Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173-185.

Riana, & Fitrianna, A. Y. (2021). Analisis Kesulitan Dalam Menyalesaikan Soal Peluang pada Siswa SMP Kelas IX Ditinjau dari Taksonomi Bloom. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 1019–1032. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.1019-1032

Santoso, D.A., Farid, A., & Ulum B. (2017). Error analysis of students working about word problem of linear program with NEA Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 855(1), 012043. https://doi.org/10.1088/1742-6596/855/1/012043

Sinta Silviana Muslim, Prayitno, S., Nilza Humaira Salsabila, & Amrullah, A. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMPN 7 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 295–303. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.192

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, S., Rosmaya, E., Sudarsono, N., & Sundawan, M. D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 152-161.

Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding pada Materi Aritmatika Sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13-24.

Zaidy, F., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea) Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 297-303. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v11i1.21762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia


View My Stats