ANALISIS KEMAMPUAN JUSTIFIKASI MATEMATIKA SISWA SMA DALAM MENELAAH JAWABAN DARI CHATGPT PADA TIPE SOAL MAKING DECISION MATERI PERSAMAAN EKSPONENSIAL

Lilis Risma Putri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ariyadi Wijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan justifikasi siswa SMA dalam menelaah jawaban dari ChatGPT pada tipe soal making decision materi persamaan eksponensial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMA di Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini diambil dengan purposive sampling yakni siswa yang berasal dari kemampuan kognitif tinggi, sedang, dan rendah serta sudah memperoleh pembelajaran terkait persamaan eksponensial. Pada penelitian ini, subjek penelitian diambil sebanyak 68 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes uraian yang disusun berdasarkan DIVINE Framework, panduan observasi, dan pedoman wawancara yang telah divalidasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Creswell dengan langkah-langkah mengumpulkan data mentah, mengorganisasikan dan menyiapkan data yang akan dianalisis, membaca seluruh data, mengkodekan data (coding), mengonstruksi antartema, dan menyimpulkan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa mayoritas kemampuan justifikasi matematika siswa dalam menelaah jawaban ChatGPT pada tipe soal making decision berada pada level rendah hingga sedang. Siswa belum memiliki pemahaman matematis yang baik terkait konsep persamaan eksponensial. Selain itu, siswa juga belum memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada saat membuat justifikasi terhadap jawaban ChatGPT. Oleh karena itu metode pembelajaran yang mendorong diskusi, pemecahan masalah, dan refleksi dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan justifikasi matematika.

Keywords


ChatGPT; Divine Framework; kemampuan justifikasi matematika; making decision.

References


Cioe, M., King, S., Ostien, D., Pansa, N., & Staples, M. (2015). Moving students to “the why?”. Mathematics Teaching in the Middle School, 20(8), 484-491.

Chua, B. L. (2017, February). A framework for classifying mathematical justification tasks. In CERME 10.

Dewi, F. C., Mahani, P., & Wijayanti, D. (2021). Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Materi Persamaan Eksponen. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 1-14.

Eko, Y. S., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2018, September). The role of writing justification in mathematics concept: the case of trigonometry. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012146). IOP Publishing.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456-463.

Firdausy, M. P., & Rosyidi, A. H. (2020). Mathematical justification of senior high school students in statistics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 9(2).

Graham, M., & Lesseig, K. (2018). Back-pocket strategies for argumentation. The Mathematics Teacher, 112(3), 172-178.

Hamidy, A., & Suryaningtyas, S. (2016). Kemampuan justifikasi matematis siswa SMP pada materi segitiga. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika, August (pp. 1-13).

Lannin, J. K. (2005). Generalization and justification: The challenge of introducing algebraic reasoning through patterning activities. Mathematical Thinking and learning, 7(3), 231-258.

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.

Lo, J. J., Grant, T. J., & Flowers, J. (2008). Challenges in deepening prospective teachers’ understanding of multiplication through justification. Journal of Mathematics Teacher Education, 11, 5-22.

Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25-30.

Sarumaha, Y. A. (2018). Justifikasi dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 286-295.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158-166.

Tlili, A., Shehata, B., Adarkwah, M. A., Bozkurt, A., Hickey, D. T., Huang, R., & Agyemang, B. (2023). What if the devil is my guardian angel: ChatGPT as a case study of using chatbots in education. Smart Learning Environments, 10(1), 15.

Utari, R., Madya, W., & Pusdiklat, K. N. P. K. (2011). Taksonomi bloom. Jurnal: Pusdiklat KNPK, 766(1), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i3.20772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia