KOMPARASI MUATAN DIDAKTIS MATERI ALJABAR ANTARA BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS X KURIKULUM MERDEKA DAN KURIKULUM CAMBRIDGE

Salsabil Husein, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sugiman Sugiman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan diantaranya: (1) mendeskripsikan situasi didaktis materi aljabar pada buku teks matematika SMA kelas X Kurikulum Merdeka; (2) mendeskripsikan situasi didaktis materi aljabar pada buku teks matematika setingkat SMA Kurikulum Cambridge; dan (3) mendeskripsikan perbandingan situasi didaktis antara buku teks matematika SMA kelas X Kurikulum Merdeka dengan buku teks matematika Kurikulum Cambridge (setingkat SMA) pada materi aljabar. Analisis konten menjadi jenis penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Sumber data yang dianalisis yaitu buku teks matematika SMA kelas X Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbudristek dan buku teks matematika setingkat SMA Kurikulum Cambridge terbitan Cambridge University Press. Tidak semua bab yang tersaji pada kedua buku teks dianalisis, melainkan hanya pada bab-bab yang memuat materi aljabar sesuai Capaian Pembelajaran fase E Kurikulum Merdeka. Peneliti dan tiga coder melakukan pembacaan dan pengodean untuk mendapatkan data penelitian. Setelah itu, data penelitian dianalisis melalui enam teknik analisis data yakni unitizing, sampling, recording/coding, reducing, inferring, dan narrating. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa pada buku matematika Kurikulum Merdeka memperoleh persentase situasi didaktis senilai 65,72%, dengan ketersediaan situasi aksi senilai 82,86%, situasi formulasi senilai 70%, situasi validasi senilai 40%, dan situasi institusionalisasi senilai 70%. Buku matematika Kurikulum Cambridge memperoleh persentase situasi didaktis senilai 51,10%, dengan penyajian situasi aksi senilai 73,81%, situasi formulasi senilai 25%, situasi validasi senilai 38,89%, dan situasi institusionalisasi senilai 66,67%. Komparasi hasil analisis situasi didaktis menunjukan bahwa ketersediaan situasi didaktis pada proses pembelajaran materi aljabar yang tersaji di buku matematika Kurikulum Merdeka dan buku matematika Kurikulum Cambridge tergolong baik.


Keywords


situasi didaktis; buku teks matematika; kurikulum merdeka; kurikulum cambridge

References


Adjie, Lee Satryo. 2012. Komparasi IB dan CIE dalam Pendidikan Dasar. (Online). Tersedia :https://cieofuai.wordpress.com/2012/01/17/komparasi-ib-dan-cie-dalam-pendidikandasar/. Diakses pada 25 Februari 2023.

Adjie, Lee Satryo. 2012. Komparasi IB dan CIE dalam Pendidikan Dasar. (Online). Tersedia :https://cieofuai.wordpress.com/2012/01/17/komparasi-ib-dan-cie-dalam-pendidikandasar/. Diakses pada 25 Februari 2023.

Aminah, S., Wijaya, T., T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan

Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1): 15–22.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29.

Brousseau, G. (2002). Theory of didactical situations in mathematics. New York, Boston, Dordrecht, London, Moscow: Kluwer Academic Publishers.

Cambridge Assessment International Education. 2018. An international education from Cambridge (pdf file). http://www.cambridgeinternational.org/images/41744 8 overview-brochure.pdf. [26 Januari 2023].

Elias, M. J. (2019). What if the doors of every schoolhouse opened to socialemotional learning tomorrow: Reflections on how to feasibly scale up high-quality SEL. Educational Psychologist, 54(3), 233-245.

Jensen, J. L., Holt, E. A., Sowards, J. B., HeathOgden, T., & West, R. E. (2018).Investigating strategies for pre-classcontent learning in a flippedclassroom. Journal of Science Education and Technology, 27(6), 523-535.

Kaerudin, Dinda Dewi. (2021). Analisis Komparasi Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge pada Topik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi. Cirebon: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Cirebon.

Kemdikbud. (2022). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan-kurikulum, diakses tanggal 25 Februari 2023.

Krippendorff, K. (2013). Content analysis an introduction to its methodology (Second ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications, Inc.

Laili, D. R., & Soedjarwo. (2019). Implementasi Kurikulum Cambridge pada Sistem Pembelajaran di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Inspirasi Manajemen, 7(3), 1–11.

Mendikbudristek (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States

of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran Inovasi Kurikulum, 19(2), 250–261.

Pasha, V. F., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Menghitung Keliling dan Luas Bangun Persegi Panjang dan Trapesium Berdasarkan Kemampuan Awal Siswa. MAJU, 8(2), 175–184.

Purwati, N. K. R., & Erawati, N. K. (2021).Pengembangan Buku Ajar MetodeNumerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1), 37-48.

Radford, L. (2008). Theories in mathematics education: a brief inquiry into their conceptual differences. Canada.

Rahimah, D., & Visnovska, J. (2021). Analysis of mathematics textbook use: An argument for combining horizontal, vertical, and contextual analyses. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1), 8–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012048.

Sanjaya, Wina., (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses pendidikan. Prenada media, Jakarta.

Siagian, Muhammad Daut. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam

Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education

and Science). Jakarta: CV. Rajawali.

Sierpinska, A. (2003). Theory of Situations [Online]. Tersedia:http://alcor.concor- dia.ca/~sierp [25 Februari 2023].

Torkos, H. (2020). The Place of Outdoor Learning Activities in The Romanian Core Procurement Curriculum. Educația Plus, 26(1), 276- 286.

Wisdom, N.J. (2014). Meta-Didactical Slippages: A Qualitative Case Study of Didactical Situations in a Ninth Grade Mathematics Classroom. Dissertation. Georgia State University.

Zuyyina, H. Wijaya, T, T. Pauji, H, M. Senjayawati, E. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Lingkaran. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 79–90.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i2.19402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia