EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OSBORN DENGAN TEKNIK MNEMONIC TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Shaufi Firdani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Endang Listyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Osborn dengan teknik Mnemonic dan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dilakukan pada siswa kelas X IPA di SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol.Terdapat 3 hipotesis pada penelitian ini, uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Osborn dengan teknik Mnemonic efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa, (2) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori tidak efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa, dan (3) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Osborn dengan teknik Mnemonic terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori.


Keywords


osborn; teknik Mnemonic; kemampuan komunikasi matematis; prestasi belajar matematika

References


Arifin, Z. (2013) Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khairunisa, R. W., & Basuki, B. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif TPS dan CIRS. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1(1), 113-124.

Kurnia, R. N., Setiawan, S., & Kristiana, A. I. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Rogojampi Tahun Pelajaran 2014/2015. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1-6.

Mahmudi, A. (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Journal MIPMIPA UNHALU, 8(1).

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.

Odiri, O. E. (2015). Relationship of study habits with mathematics achievement. Journal of Education and Practice, 6(10), 168–170. https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/21452

Oktavianti, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Osborn dengan Teknik Mnemonic Melalui Teori Konstrutivisme terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Peraturan Kepala BSKAP (Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan). (2022). Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada PAUD, Jenjang Dikdas, dan Jenjang Dikmen pada Kurikulum Merdeka.

Rusdi, M., et al. (2020). Mathematical Communication Skills Based on Cognitive Styles and Gender. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 847-856.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i2.19308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia