Efektivitas penerapan model pembelajaran SOLE terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar matematika

Lia Safitri, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Indonesia
Nila Mareta Murdiyani, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA, Indonesia

Abstract


Keterbatasan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 mengharuskan sekolah untuk kreatif dan inovatif dalam menetapkan strategi pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran SOLE dan ekspositori terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa, serta penerapan model pembelajaran yang lebih efektif di antara SOLE dan ekspositori terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiments dengan populasi seluruh kelas VIII pada salah satu MTs Negeri di kabupaten Banjarnegara tahun ajaran 2021/2022 dan sampel sebanyak 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket kemandirian belajar matematika dan tes hasil belajar matematika berupa pretest dan posttest. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji Hotelling’s T-square dan uji One Sample t-Test diperoleh kesimpulan: (1) penerapan model pembelajaran SOLE efektif terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa, (2) penerapan model pembelajaran ekspositori tidak efektif terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa, (3) penerapan model pembelajaran SOLE lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa.

 

Kata kunci: efektivitas, SOLE, ekspositori, kemandirian belajar, hasil belajar

 


Full Text:

PDF

References


Ardiyanti, N. M. D., Mahayukti, G. A., & Sugiarta, I. M. (2020). Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Secara Daring di SMAN Kota Singaraja. Journal of Chemical Information and Modeling, 18(9), 136-157.

Bramantha, H. (2021). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori dengan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Video. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 5(2), 195-202.

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), 288-296.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561.

Firdaus, F. M., Pratiwi, N. A., Riyani, S., & Utomo, J. (2021). Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Menggunakan Model SOLE saat Pandemi Covid-19. FOUNDASIA, 12(1), 1-8.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147-154.

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kusasi, Ahmad. (2021). Penggunaan Model SOLE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Materi Teori Kinetik Gas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 175-185.

La Hewi, M. S. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme for International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30-41.

Maisa, E. (2020). “Model Pembelajaran SOLE, Solusi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Selama BdR”. Diakses pada 25 Mei 2021, dari https://lpmpdki.kemdikbud.go.id.

Marlina, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring terhadap Kemandirian Belajar Siswa SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(1), 60-70.

Pratama, O. R., & Risdianto, E. (2021). The Need Analysis of Learning Module Development Using Self Organized Learning Environment (SOLE) Assisted by Augmented Reality on Rotational Dynamics and Rigid Body Equilibrium. International Journal of Innovation and Education Research, 1(1), 19-30.

Ragin, G., Refando, A., & Utami, D. C. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. PANDAWA, 2(1), 54-60.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2239-2253.

Rofingah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Melalui Metode Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 1(2), 168-173.

Sahara, R. I. A., & Nurfauziah, P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 911-920.

Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33-40.

Suciati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 321-328.

Sumaryanta, Sugiman, & Priatna, N. (2019). Pemetaan Hasil Ujian Nasional Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(1), 543-557.

Suningsih, A., Sulistiani, & Suminto. (2020). Pembelajaran Daring dengan Intervensi Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal E-DuMath, 7(1), 27-34.

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234-2244.

Wati, N. N. K. (2020). Perangkat Pembelajaran Berbasis E-Learning di Sekolah Dasar. PINTU: Pusat Penjaminan Mutu, 1(2), 180-189.

Woi, M. F., & Prihatni, Y. (2019). Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Teacher in Educational Research, 1(1), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i2.18691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pedagogi Matematika




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia