PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Rizqia Rosyada, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nila Mareta Murdiyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji kualitas media monopoli dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis untuk materi bangun datar pada siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang tahapannya meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation, terdiri dari analisis kevalidan, kepraktisan, keefektifan, dan evaluasi media pembelajaran. Subjek uji coba yaitu 32 siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Bandongan. Instrumen dari penelitian ini adalah pre-test dan post-test pemahaman konsep, lembar validasi media, angket respon siswa, dan pedoman wawancara. Kualitas media dinilai berdasarkan analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media monopoli dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar kelas VII yang dikembangkan layak digunakan. Kelayakan media dilihat dari (1) aspek kevalidan, berdasarkan dosen ahli dan guru matematika dengan skor rata-rata 4,26, (2) aspek kepraktisan, berdasarkan angket respon siswa dengan skor rata-rata 4,348 dan hasil wawancara guru menyatakan bahwa media monopoli praktis digunakan, (3) aspek keefektifan, berdasarkan hasil post-test pemahaman konsep dengan persentase ketuntasan 81,25 % serta rata-rata tes pemahaman konsep meningkat dari 60,4 ke 85,56 dan berdasarkan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa media monopoli efektif meningkatkan pemahaman konsep matematis.

Kata Kunci: media pembelajaran; media monopoli; pemahaman konsep


References


Andy, Eko dan Venissa. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Ideal Problem Solving Berbasis Project Based Learning. JKPM 2014, Vol. 1, No. 1 September 2014: 56-58.

BNSP. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Retrieved from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!05&11&999!T&T&1&N&1&unbk!1!&.

Fitriyawany, F. (2013). Penggunaan media permainan monopoli melalui pembelajaran kooperatif pada mahasiswa fisika fakultas tarbiyahdengan konsep tata surya. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 13(2).

Gardenia, N. (2016). Peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa SMK melalui pembelajaran konstruktivisme model Needha. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Hasdi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan buku ajar geografi desa-kota menggunakan model ADDIE. Educatio, 11(1), 90-105.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2, 231-234.

Nursaadah, I., & Amelia, R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Numeracy, 5(1), 1-9.

Pane, Aprida. & Dasopang, M. Darwis. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2).

Permendiknas. (2006), Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standarisasi Sekolah Dasar Dan Menengah.

Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Prayogo, Budi Adi. (2017). PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN LANGENSARI 02 KECAMATAN UNGARAN BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Purnama, S. D. (2019). Penerapan Game Edukatif Monopoli Matematika (Monolita) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1).

Rahayu, S. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Konsep Mol Menggunakan Papan Permainan Monopoli Sebagai Pembelajaran Paikem. Didaktikum, 17(5).

RIZKI, O. R. (2022). PENGEMBANGAN DESAIN ALAT PERAGA PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS MONTESSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Solehah, N., & Muiz, R. H. D. (2019). IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP BANGUN DATAR. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 1, No. 1, pp. 493-500).

Sucipto, M. F., & Firmansyah, D. (2021). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Widiyanti, R., & Ulfa, F. (2019). Penerapan Permainan Monopoli Digital Untuk Meningkatan Minat Belajar Siswa SD Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 5(2), 79-86.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulianty, Rani. (2011). Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Laskar Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v11i1.18317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia


View My Stats