PENGARUH PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES BERBASIS STEM TERHADAP LITERASI SAINS SISWA
Zuhdan Kun Prasetyo, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan socio-scientific issues (SSI) berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) pada pembelajaran IPA terhadap literasi sains siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy experimental dengan non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Depok yang terdiri dari empat kelas (VII A, VII B, VII C, dan VII D) tahun pelajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yakni (1) soal pretest dan posttest literasi sains siswa (2) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji hipotesis secara parametrik dianalisis melalui independent sample T-test. Besar pengaruh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji Cohen’s d effect size. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) pada independent sample T-test diperoleh sebesar 0,000 {sig. (2-tailed) < ½ α}. Besar pengaruh diukur dengan perhitungan Cohen’s d effect size sebesar 1,19 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan pendekatan SSI berbasis STEM berpengaruh secara signifikan terhadap literasi sains siswa SMP.
Kata kunci: socio-scientific issue, STEM, Literasi Sains
Kata kunci: socio-scientific issue, STEM, Literasi Sains
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |