PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBASIS PEDAGOGY FOR SUSTAINABILITY TERHADAP ENVIRONMENTAL LITERACY DOMAIN COMPETENCIES DAN DISPOSITIONS PESERTA DIDIK SMP
Susilowati Susilowati, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran IPA menggunakan model experiential learning berbasis pedagogy for sustainability terhadap environmental literacy domain competencies peserta didik SMP; (2) pengaruh pembelajaran IPA menggunakan model experiential learning berbasis pedagogy for sustainability terhadap environmental literacy domain dispositions peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Prambanan Klaten tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelompok kelas dipilih secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model experiential learning berbasis pedagogy for sustainability dan pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Data environmental literacy domain competencies diperoleh dari soal pretest dan posttest, sedangkan data environmental literacy domain dispositions diperoleh dari angket dan lembar observasi. Uji prasyarat hipotesis digunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Independent Sampel T-Test. Pengambilan keputusan berdasarkan nilai sig 2-tailed pada bagian Independent Sampel T-Test dan besarnya pengaruh dihitung dengan Cohen’s Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran IPA menggunakan model experiential learning berbasis pedagogy for sustainability berpengaruh terhadap environmental literacy domain competencies dengan nilai d = 0,99 termasuk dalam kategori tinggi; dan (2) pembelajaran IPA menggunakan model experiential learning berbasis pedagogy for sustainability berpengaruh terhadap environmental literacy domain dispositions dengan nilai d = 1,1 termasuk dalam kategori tinggi.
Kata kunci: model experiential learning, pedagogy for sustainability, environmental literacy
Kata kunci: model experiential learning, pedagogy for sustainability, environmental literacy
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |